Polda Jabar: Anggota Datang ke Kantor PDIP Dalam Rangka Harkamtibmas

Tidak ada arahan khusus untuk melakukan pengawasan

Bandung, IDN Times - Polda Jabar memastikan kunjungan anggota polisi ke kantor partai politik (Parpol) PDI- Perjuangan bukan hal baru. Bahkan kunjungan ini dilaksanakan secara rutin juga ke parpol lainnya.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, kunjungan dilakukan dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Kegiatan kunjungan itu merupakan langkah teknis dalam menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas)," ujar Ibrahim Tompo, Jumat (24/11/2023).

 

1. Kami ingin menjaga keamanan saja

Polda Jabar: Anggota Datang ke Kantor PDIP Dalam Rangka HarkamtibmasIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain PDIP, kata dia, beberapa partai politik lain pun pernah dikunjungi anggota Polisi seperti Gerindra, PKB, Partai Buruh, Golkar dan lainnya.

"Semua parpol dilakukan kunjungan, sudah biasa dilakukan sebelum pemilu, untuk melakukan pemantauan sebagai bagian dari tugas menjaga Kamtibmas. Kami mohon maaf jika ada yang tidak berkenan dengan situasi ini," tambahnya.

2. Kedatangan ke kantor parpol pun sifatnya hanya pemantauan

Polda Jabar: Anggota Datang ke Kantor PDIP Dalam Rangka HarkamtibmasIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Ibrahim menambahkan, di masa pemilu ini beberapa anggota juga ada yang ditugaskan menjaga kantor KPU dan Bawaslu, sedangkan kantor parpol sifatnya hanya pemantauan saja.

"Kalau KPU dan Bawaslu dijaga, kalau kantor pantai-pantai itu hanya dipantau saja, karena bagaimana pun segala yang terkait pemilu dan masalah kegiatan dan orang, itu bagian dari operasi Mantap Brata, konsenya hanya untuk kepentingan pengamanan, dalam kondisi itu kita juga berlaku adil, tidak hanya satu partai saja dan anggota berlaku netral," ucapnya.

3. PDIP keberatan atas patroli ini

Polda Jabar: Anggota Datang ke Kantor PDIP Dalam Rangka HarkamtibmasKetua Dewan Pimpinan Daerah Partai (DPD) Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Barat, Ono Surono (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai (DPD) Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Barat, Ono Surono merasa geram karena ada lima orang anggota polri yang berdinas di Ditintelkam Polda Jabar, masuk kantor tanpa meminta izin terlebih dahulu.

Ono Surono mengatakan, soal anggota polisi yang masuk kantor partai politik ini tidak sesuai dengan adanya surat telegram kapolri bernomor STR/1124/XI/OPS 1.1.1/2023 tertanggal 3 November 2023. Menurutnya, dalam surat imbauan itu sudah ada larangan jelas.

"Kami lapor (surat keberatan) ke Kapolda Jabar, kami menginginkan ada perhatian dari Pak Kapolda bisa memberikan arahan yang tuntas kepada seluruh personel Polri, yang berkaitan dengan Operasi Mantap Brata," ujar Ono saat ditemui di kawasan Kampus Universitas Padjajaran, Kota Bandung, Kamis (23/11/2023).

Lima orang intel yang masuk ke kantor PDIP sendiri menyatakan kedatangannya bermaksud untuk melakukan Operasi Mantap Brata. Namun dalam aturan yang dikeluarkan Kapolri sudah menjelaskan agar para anggota tidak masuk dalam kantor partai politik dan tim pemenangan.

Baca Juga: Ketua DPD PDIP Jabar Geram Intel Polda Masuk Kantor Tanpa Izin 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya