PKB Jabar Targetkan 20 Juta Suara untuk Pasangan Anies-Cak Imin

Jabar jadi lumbung suara setiap kali pemilu

Bandung, IDN Times - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terus menggecarkan kampanye di Provinsi Jawa Barat (Jabar) seiring deklarasi Cak Imin yang digandeng Anies Baswedan untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Ketua PKB Jabar, Syaiful Huda, meminta agar para kader yang ada di Jabar terus berjuang mendulang suara. Ditargetkan pasangan ini dapat memperoleh 20 juta suara di Jabar.

"Saya targetkan 20 juta untuk pasangan Amin (Anies-Cak Imin) di Jabar ini, kalau 20 juta pasangan Amin di Jabar," ujar dia, Jumat (15/9/2023).

Apabila target 20 juta suara dapat diperoleh di Jabar, Huda menilai Anies dan Cak Imin akan menang dalam satu putaran saja di Pilpres 2024. Meski demikan, ketika tidak menang dalam satu putaran motor partai siap memenangkan pasangan ini.

"Paling tidak kita menang dua putaran, atau berapa pun putarannya kita ladeni, pasti menang. Catatannya satu, kemenangan pasangan Amin harus maksimal di Jawa Barat dan nanti akan maksimal di Jawa Timur," lanjut dia.

1. Sejumlah nama sudah disiapkan sebagai tim pemenangan AMIN

PKB Jabar Targetkan 20 Juta Suara untuk Pasangan Anies-Cak IminIDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal menyebut sudah ada sejumlah nama yang disiapkan masuk ke dalam tim pemenangan Anies dan Cak Imin. Bahkan, dia juga menambahkan, ada beberapa partai yang akan bergabung ke dalam Koalisi Perubahan dalam waktu dekat ini.

"Kalau di Jabar ingin mengambil 20 juta, jangan turunkan target. Kalau menaikan ini lebih bagus lagi," papar dia.

Cucun mengatakan tim pemenangan nantinya akan diisi oleh berbagai elemen masyarakat termasuk Purnawirawan TNI dan Polri. Menurut dia, semakin beragam elemen masyarakat yang bergabung, maka semakin baik tim pemenangan Cak Imin dan Anies.

"Ada dari Purnawirawan dan Polri dan TNI yang ada keinginan kondisi di Indonesia ini mungkin bukan tidak baik tapi ingin ada perubahan baik lagi," kata dia.

2. AMIN seharusnya bisa menang 50 persen suara warga Jabar

PKB Jabar Targetkan 20 Juta Suara untuk Pasangan Anies-Cak IminBakal calon presiden Anies Baswedan dan calon wakil presiden, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin saat berada di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin (11/9/2023) (IDN Times/Lia Hutasoit)

Sebelumnya, bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan, Cak Imin, menghadiri kegiatan Halaqoh Habaib dan Ajengan Jawa Barat di Kabupaten Bandung. Dia bersyukur para habaib dan ulama di Jabar dapat berkumpul. Jabar ditargetkannya dapat menjadi lumbung suara untuk memenangkan Pemilu 2024.

"Alhamdulillah ini membahagiakan kita dan itu tandanya Insya Allah Jabar akan menjadi salah satu lumbung suara," kata dia.

Apabila dihitung berdasarkan potensi kekuatan para pemuda di PKB dan ulama, Cak Imin menilai pihaknya bakal mendulang perolehan suara mencapai 50 persen di Jabar.

"Paling tidak 50 persen minimal Insya Allah di tangan," ucap dia.

3. Cak Imin dan Anies akan datang temui petinggi PKS

PKB Jabar Targetkan 20 Juta Suara untuk Pasangan Anies-Cak IminBacapres-bacawapres Anies-Cak Imin menyambangi kantor DPP PKS (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masih menimbang-nimbang untuk memberikan dukungan kepada pasangan Anies dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Rencananya hari ini PKS akan mengundang pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden tersebut untuk berbicang lebih dalma.

Bakal calon wakil presiden (Bacawapres) dari Koalisi Perubahan, Cak Imin memastikan dia bakal menghadiri undangan Rapat Majelis Syuro yang diadakan oleh PKS. Cak Imin akan menyampaikan materi presentasi di hadapan para petinggi PKS.

"Saya yang jelas 16.30 WIB diundang ke PKS katanya untuk persentasi di depan majelis. Saya hadir sore nanti, memberi pemikiran, menjadi pertimbangan. Moga-moga PKS mau menerima saya," kata Imin.

Menurutnya, materi presentasi yang bakal dipaparkan yakni terkait bangsa dan kiat-kiat untuk menjadikan Indonesia menjadi negara yang lebih baik. Dia pun akan menegaskan bahwa koalisi yang terjalin antara NasDem, PKB, dan PKS bakal memperkaya kebhinekaan. Belum diketahui Anies bakal turut mendampinginya ataukah tidak saat presentasi di PKS.

"Kita juga akan sampaikan kepada PKS bahwa kerja sama dari berbagai kekuatan, ada NasDem, PKB, PKS, nanti akan memperkaya kebhinekaan yang ada di koalisi ini," ucap dia.

Baca Juga: Diundang PKS, Cak Imin Siap Sampaikan Gagasan dan Pemikirannya 

Baca Juga: Survei SMRC: Duet Ganjar-RK Ungguli Prabowo-Erick dan Anies-Cak Imin

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya