Pertamina Siapkan 80.000 Kiloliter Avtur per Hari di Bandara Kertajati

Bahan bakar ini untuk tujuh rute penerbangan

Bandung, IDN Times - Penerbangan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka, akan segera diaktivasi pada 29 Oktober 2023. Nantinya mayoritas penerbangan yang masuk ke Bandara Husein Sastranegara bakal dipindah ke BIJB.

Area Manager Communication, Relations and CSR Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial and Trading Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan mengatakan, Pertamina telah menyiapkan berbagai skema untuk memenuhi kebutuhan avtur pesawat di bandara tersebut.

Sebelum aktivasi bandara Pertamina menyiapkan stok 3.500 kiloliter per hari. Namun dengan adanya aktivasi ini Pertamina menyiapkan 80 ribu kiloliter avtur setiap harinya untuk mendukung operasional di BIJB.

"Ini dipersiapkan untuk tujuh rute penerbangan yang akan aktif di Kertajati," kata Eko, Minggu (22/10/2023).

1. Suplai avtur bisa bertambah sesuai kebutuhan

Pertamina Siapkan 80.000 Kiloliter Avtur per Hari di Bandara KertajatiTruk Pertamina melakukan pengisian avtur ke pesawat. Dok. PT Pertamina (Persero)

Menurut Eko, Pertamina telah memiliki DPPU Kertajati yang bakal melayani operasional pesawat di bandara ini sejak awal digunakan. Dengan demikian kebutuhan avtur pesawat pun bisa dihitung lebih teliti sehingga ketika ada kebutuhan penambahan bisa segera dilakukan. Pertamina siap untuk melayani kebutuhan avtur sesuai dengan jadwal penerbangan.

"Memang sebelum aktivasi kebutuhan avtur tidak banyak hanya untuk pesawat carter, haji. Teman-teman di sana tim corporate dan services siap melayani karena sudah memiliki jadwal penerbangan sehingga diharapkan operasional berjalan lancar untuk mendukung penerbangan komersial di Kertajati," ujarnya. 

2. Operasional di Kertajati bisa berdampak positif bagi kawasan sekitar

Pertamina Siapkan 80.000 Kiloliter Avtur per Hari di Bandara KertajatiInin Nastain/ BIJB Kertajati

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin optimistis pemindahan penerbangan pesawat bermesin jet dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati akan berdampak positif bagi perekonomian kawasan.

Bey juga yakin bahwa masyarakat selaku calon penumpang maupun subjek ekonomi akan menyambut baik penerbangan pesawat mesin jet yang akan dimulai di BIJB Kertajati pada 29 Oktober 2023.

"Saya optimistis masyarakat Jawa Barat menyambut baik kehadiran (penerbangan pesawat bermesin jet) di Kertajati ini," ujar Bey Machmudin.

3. Pemprov Jabar intruksikan pemda optimalkan potensi ekonomi

Pertamina Siapkan 80.000 Kiloliter Avtur per Hari di Bandara KertajatiIDN Times/Debbie Sutrisno

Nantinya akan ada tujuh rute penerbangan pesawat jet yang pindah dari Bandara Husein ke Kertajati. Tujuh rute itu adalah penerbangan dari dan menuju Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan, dan Palembang. Maskapai yang melayani penerbangan AirAsia, Super Air Jet, hingga Citilink. Operator bandara menjadwalkan rute beroperasi setiap hari.

Menurut Bey, Pemprov Jabar sudah berkoordinasi dengan pemda sekitar Bandara Kertajati agar bersiap mengoptimalkan potensi ekonomi yang akan muncul.

"Mereka (Pemda kota dan kabupaten) di sekitar wilayah bandara ini siap menyambut baik dan bekerja sama dengan asosiasi pariwisata untuk mengadakan tur dekat-dekat sini, menyiapkan UMKM, dan kerajinan-kerajinan lokal akan ditampilkan di bandara ini," ucapnya.

Baca Juga: Kecamatan Kertajati dan Airasia Sebar Tiket Gratis BIJB-Bali

Baca Juga: Sah! Pertamina-Petronas Gantikan Shell di Blok Masela

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya