Persib Datangkan Miro Petric Jadi Asisten Pelatih Bojan Hondak

Maung Bandung berada di zona degradasi

Bandung, IDN Times - Persib mendatangkan asisten pelatih baru, Miro Petric, asal Kroasia. Kedatangan Petric sesuai dengan kehendak pelatih Bojan Hondak, di mana mereka berdua sempat bekerja sama di klub Liga Super Malaysia, Kuala Lumpur City FC.

Pria kelahiran Ludwigsburg, Jerman, 11 September 1980 ini akan bergabung dengan Yaya Sunarya, Luizinho Passos dan I Made Wirawan membantu Bojan menangani Persib di kompetisi Liga 1 musim 2023/2024.

"Petric diproyeksikan menjadi asisten pelatih Bojan," kata Head of Communication PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) melalui siaran pers dikutip IDN Times, Minggu (13/8/2023).

1. Berharap level permainan Persib lebih bagus

Persib Datangkan Miro Petric Jadi Asisten Pelatih Bojan HondakBojan Hodak. (Instagram.com/persib)

Sebelum bekerja sama dengan Bojan di Kuala Lumpur City FC, Petric sempat menjadi anggota staf pelatih di tim utama Grasshopper Zurich, Swiss (2019), NK Slaven Belupo (Krosia), dan Foolad FC (Iran). Ia juga pernah menjadi anggota staf pelatih Tim Nasional Laos pada 2016.

"Kami berharap kehadiran Petric bisa membantu Bojan dan staf pelatih lainnya untuk meningkatkan level permainan Persib," ungkap Adhi.

Rencananya, Petric akan bergabung dengan Persib setelah menuntaskan kelelengkapan administrasi keimigrasiannya.

2. Persib ditinggal pelatih dan asistennya di awal musim

Persib Datangkan Miro Petric Jadi Asisten Pelatih Bojan HondakIDN Times/Debbie Sutrisno

Sebelumnya Persib telah ditinggalkan pelatih Luis MIilla yang harus pulang ke Spanyol. Di tangan Milla, musim lalu Persib menjadi salah satu tim yang diunggulkan juara kompetisi.

Kepergian Milla pun mau tak mau membuat para asisten pelatih lainnya angkat koper. Bayu Eka Sari mengikuti jejak Luis Milla, Manuel Perez-Cascallana, dan Carlos Grande Rodriguez yang terlebih dahulu mengundurkan diri per Selasa (18/7/2023).

Manajemen Pangeran Biru menghormati keputusan yang diambil Bayu yang menjabat asisten pelatih. Meski masa kerjanya tergolong singkat, Deputy CEO PT Persib Bandung Bermartabat Teddy Tjahjono, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas dedikasi Bayu selama ini. 

"Kami menghormati keputusan dan pilihan Bang Bes. Terima kasih atas segala dedikasinya selama ini," kata Teddy.

Kondisi ini sempat membuat Yaya Sunarya yang sebelumnya ditunjuk sebagai caretaker hanya dibantu bantuan pelatih kiper Luizinho Passos dan I Made Wirawan. Yaya Sunarya sudah memimpin sesi latihan Marc Klok dan kawan-kawan.

3. Maung Bandung berada di zona degradasi

Persib Datangkan Miro Petric Jadi Asisten Pelatih Bojan HondakPersib VS Bali United (instagram.com: @baliunited)

Persib menelan kekalahan pada laga tandang melawan Persis Solo di kompetisi Liga Indonesia 2023/2024 dengan skor 1-2. Ini merupakan kekalahan kedua Persib setelah sebelumnya takluk di kandang PSM Makassar.

Hasil minor ini membuat Persib kembali harus masuk ke zona degradasi dengan menempati posisi ke-16. Pangeran Biru hanya mampu mengumpulkan tujuh poin dari tujuh laha yang dilakoni.

Merespon kekalahan atas Persib, pelatih Persib Bojan Hodak mengaku tak puas. Meski dalam 90 menit, Persib unggul dalam hal penguasaan bola, tapi tak ada artinya bila tidak ada bola yang bersarang di gawang lawan.

“Saya rasa keunggulan ball possession itu tidak penting dan yang penting adalah gol,” kata Bojan dalam post-match conference, Selasa (8/8/2023) malam.

Di babak kedua, Persib sempat beberapa kali memiliki peluang. Duet striker asal Brazil David da Silva dan Ciro Alves merepotkan line belakang Persis. Namun, beberapa kali peluang terjadi, tidak ada gol yang berhasil dicetak.

“Kami memiliki beberapa peluang untuk mencetak gol kedua tetapi tidak berbuah gol. Di babak pertama, ketika kami mencetak gol, tim lawan langsung menyerang dan mereka bisa membuat skor menjadi 1–1. Itu hal yang penting, karena seharusnya tidak terjadi. Jika kami bisa mempertahankan itu, kans kami untuk menang menjadi lebih besar,” sambungnya.

Baca Juga: Komdis PSSI Beri Sanksi Tiga Pemain Persib, Salah Satunya Ciro Alves

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya