Persib Belum Lepas Beckham untuk Latihan Timnas Jelang AFF U-23

Beckham masih dibutuhkan Maung Bandung untuk hadapi Barito

Bandung, IDN Times - PSSI telah meminta PT Persib Bandung Bermartabat untuk melepas Robi Darwis dan Beckham dalam persiapan Piala AFF U-23 di Thailand. Untuk diketahui, PSSI sudah merilis 23 nama yang akan memperkuat timnas untuk turnamen sepak bola antarnegara di Asia Tenggara itu.

Untuk Robi Darwis, Persib sudah melepasnya dan yang bersangkutan menjalani latihan perdana di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (10/8/2023). Sementara rekannya, Beckham Putra tampak masih menjalani latihan bersama tim Persib di Stadion Sidolig, Bandung.

1. Baru satu yang diberi jalan oleh Persib

Persib Belum Lepas Beckham untuk Latihan Timnas Jelang AFF U-23Penggawa Timnas U-20, Robi Darwis dan Aditya Arya Nugraha. (dok. PSSI).

Terkait permintaan PSSI, pelatih Persib Bojan Hodak mengatakan, timnya merestui Robi Darwis bergabung dengan timnas untuk memperkuat Garuda Muda dalam turnamen tersebut. Tetapi, tidak dengan Beckham Putra.

Bojan menjelaskan, timnya masih membutuhkan Beckham untuk melakoni pertandingan berikutnya melawan Barito Putera pada Minggu (13/8/2023). Apalagi, ada regulasi yang mengharuskan tim memainkan pemain u-23 dalam setiap laga.

“Kami melepas Robi, tidak ada masalah. Tapi saya rasa pihak klub akan mengirim surat untuk Beckham karena dia pemain yang disiapkan sebagai pemain di starting eleven,” ucap Bojan di Bandung, Jumat (11/8/2023).

2. Segera bersurat ke PSSI

Persib Belum Lepas Beckham untuk Latihan Timnas Jelang AFF U-23Kantor Graha Persib Bandung. IDN Times/Istimewa

Juru taktik asal Kroasia itu mengungkapkan, hanya akan melepas Beckham untuk laga persahabatan FIFA Matchday. Menurutnya, klub akan bersurat ke PSSI terkait keputusannya ini.

“Kami hanya melepasnya untuk agenda FIFA saja,” ujarnya.

Beckham Putra dan Robi Darwis merupakan pemain muda Persib yang langganan dipanggil timnas Indonesia. Kedua pemain itu memiliki kecepatan berlari dan akurasi lemparan jauh yang membuat pelatih Shin Tae-yong tertarik.

3. Pelatih Shin Tae Young kritik penyelenggaraan ini

Persib Belum Lepas Beckham untuk Latihan Timnas Jelang AFF U-23Shin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong, melontarkan kritik pedas kepada Sub-konfederasi Asia Tenggara, AFF. Shin dengan tegas meminta agar Piala AFF U-23 dihapus.

Shin beranggapan turnamen ini merugikan kelangsungan kompetisi lokal negara peserta. Pun, Shin juga kesulitan untuk mempersiapkan tim dan baru mulai pemusatan latihan (TC) pada Kamis (10/8/2023).

"Saya berharap turnamen ini tidak ada lagi ke depannya," kata Shin saat memimpin latihan perdana di Jakarta, Kamis sore.

Shin menilai, banyak pihak yang dirugikan dari Piala AFF U-23. Shin juga yang rugi karena dibuat pusing untuk menyiapkan tim. Terlebih, sejumlah klub Liga 1 tak bersedia melepas pemain andalannya karena Piala AFF U-23 tak masuk ke dalam kalender FIFA. Dengan begitu, klub tentu punya landasan kuat untuk tidak melepas pemain.

"Para pemain U-23 pasti banyak yang bermain di Liga 1 dan menjadi pilar inti juga di klub masing-masing. Dengan adanya turnamen ini, ya sebenarnya merugikan kompetisi dan mengganggu perkembangan sepak bola sebuah negara," kata Shin.

Baca Juga: Kalah dari Persis Solo, Persib Kembali Masuk Zona Degradasi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya