Kalah dari Persis Solo, Persib Kembali Masuk Zona Degradasi

Persib hanya kumpulkan 7 poin dari 7 laga

Bandung, IDN Times - Persib kembali menelan kekalahan pada laga tandang di kompetisi Liga Indonesia 2023/2024. Kali ini, Maung Bandung harus tunduk dihadapan Persis Solo dengan skor 1-2. Kekalahan ini menjadi kedua kalinya bagi Pangean Biru setelah sebelumnya takluk di kandang PSM Makassar.

Hasil minor ini membuat Persib kembali harus masuk ke zona degradasi dengan menempati posisi ke-16. Persib Bandung hanya mampu mengumpulkan tujuh poin dari tujuh laga yang dilakoni.

1. Pelatih tak puas dengan kekahalahan tersebut

Kalah dari Persis Solo, Persib Kembali Masuk Zona DegradasiDokumentasi Bojan Hondak

Merespons kekalahan atas Persib, pelatih Persib Bojan Hodak mengaku tak puas. Meski dalam 90 menit, Persib unggul dalam hal penguasaan bola, tapi tak ada artinya bila tidak ada bola yang bersarang di gawang lawan.

“Saya rasa keunggulan ball possession itu tidak penting dan yang penting adalah gol,” kata Bojan dalam post-match conference, Selasa (8/8/2023) malam.

Di babak kedua, Persib sempat beberapa kali memiliki peluang. Duet striker asal Brazil David da Silva dan Ciro Alves merepotkan line belakang Persis. Namun, beberapa kali peluang terjadi, tidak ada gol yang berhasil dicetak.

“Kami memiliki beberapa peluang untuk mencetak gol kedua tetapi tidak berbuah gol. Di babak pertama, ketika kami mencetak gol, tim lawan langsung menyerang dan mereka bisa membuat skor menjadi 1–1. Itu hal yang penting, karena seharusnya tidak terjadi. Jika kami bisa mempertahankan itu, kans kami untuk menang menjadi lebih besar,” sambungnya.

2. Evaluasi lini pertahanan yang kecolongan dua gol

Kalah dari Persis Solo, Persib Kembali Masuk Zona DegradasiIDN Times/Istimewa

Juru taktik asal Kroasia itu mengakui, anak asuhnya mulai kehilangan fokus saat kalah jumlah gol dari lawan. Alhasil, Pangeran Biru panik dan tampak bermain terburu-buru. Penyelesaian akhir pun tak berjalan dengan baik.

Selain itu, di laga malam ini, Persib juga tak diperkuat dua pemain andalan mereka yakni Nick Kuipers dan Alberto Rodriguez. Meski tak mau menjadikan itu sebagai alasan, Bojan menyebut malam ini mereka banyak melakukan kesalahan dalam hal pertahanan.

“Tentunya kami harus berbenah, memang kami kehilangan Alberto dan Nick di belakang. Untuk pertahanan kami masih melakukan kesalahan dan dalam menyerang kami masih gagal dalam memanfaatkan peluang yang terbuka menjadi gol,” ungkapnya.

3. Persis akhirnya menang atas Persib

Kalah dari Persis Solo, Persib Kembali Masuk Zona DegradasiAksi pemain Persebaya, Bruno Moreira saat dikawal ketat pemain Persis Solo. Instagram @officialpersebaya

Persis Solo akhirnya bisa membalaskan dendamnya kepada tim Persib Bandung dengan menang 2–1. Bermain sangat bagus selama pertandingan, Persis benar-benar membuktikan kalau mereka sudah berubah.

Dalam dua pertemuan terakhir dengan Maung Bandung, Persis selalu kalah. Malam ini, mereka berhasil mengembalikan keadaan dan membuat para suporter Persis senang.

Di laga semalam, penyerang andalan mereka yakni Ramadhan Sananta menjadi penentu kemenangan. Sananta berhasil mencetak dua gol lewat sundulan kepala dan tendangan mendatarnya.

“Pertama, saya mau kasih selamat dan berterima kasih pada pemain kita. Melihat permainan dan keputusan yang bagus sekali dari pertandingan itu,” kata pelatih Persis Leonardo Medina.

Medina mengatakan, meski malam ini menang, ia tetap belum puas karena gagal menguasai pertandingan. Alhasil, beberapa kali Persib berhasil membuat repot lini pertahanan Persis.

“Kami hari ini kalah unggul dari ball possession, tetapi kami harus menang. Saya senang kenapa hari ini kami mencetak gol lebih dari satu. Ini memang bukan cara yang saya inginkan untuk menang, tapi akhirnya tiga poin yang sangat penting bagi kami,” ujarnya.

Juru taktik asal Meksiko itu pun memuji penampilan salah satu anaknya, Sananta. Menurutnya, penggawa Timnas Indonesia itu bekerja sangat keras di malam ini.

Baca Juga: Fakta Menarik Big Match Persis Solo Vs Persib Bandung

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya