Pemprov Jabar Gelontorkan Anggaran Rp78 Miliar untuk Bangun 2 Flyover

Pemkot Bandung terima bantuan pembangunan jembatan baru

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) menggelontorkan dana sekitar Rp78,9 miliar untuk membangun dua jembatan layang atau flyover di Kota Bandung yang terletak di Jalan Antapani dan Jalan Laswi. Pembangunan kedua jembatan diperkirakan rampung pada 2020.

Kepala UPTD III Bandung Aan Heryadi menuturkan, pengerjaan dua jembatan tersebut akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dikerjakan mulai Selasa(3/9) hingga 120 hari ke depan.

Dia menyebutkan, anggaran pembangunan untuk tahap pertama pengerjaan proyek jembatan di Jalan Jakarta menuju Jalan Supratman diperkirakan mencapai Rp8,3 miliar. Sedangkan jembatan di Jalan Laswi menuju Jalan Pelajar Pejuang sekitar Rp4,2 miliar. "Tahap pertama akan selesai pada Desember ini," ujarnya dalam groundbreaking kedua jembatan layang, Selasa (3/9).

Tahap pertama, lanjut Aan, lebih pada pengerjaan konstruksi dan pondasi. Setelah itu rampung barulah pengerjaan betonisasi dan pembangunan utama lainnya.

1. Tahap kedua akan dikerjakan awal tahun depan

Pemprov Jabar Gelontorkan Anggaran Rp78 Miliar untuk Bangun 2 FlyoverIDN Times/Debbie Sutrisno

Menurutnya, untuk tahap kedua pengerjaan proyek flyover ini direncanakan pada awal tahun depan. Anggaran tahap kedua flyover Jalan Laswi Rp31,7 miliar. Sedangkan untuk jembatan di Jalan Jakarta mencapai Rp33,7 miliar.

Pengerjaan kedua jembatan ini pun akan dikebut sehingga dari tahap pertama ke tahap kedua tidak akan terputus. Dengan demikian penggunaan jembatan ini untuk mengurai kemacetan semakin cepat.

Untuk sistem pengerjaan, Aan memastikan desainnya akan berbeda dengan Jembatan Pelangi yang menghubungkan Jalan Antapani dan Jalan Jakarta. Sebab lebar dan panjang jembatan berbeda sehingga membutuhkan sistem lain.

"Bentangnya ini terlalu panjang jadi susah membuat lengkungan seperti Jembatan Pelangi," ujarnya.

2. Ini desain kontruksi dua jembatan baru di Bandung

Pemprov Jabar Gelontorkan Anggaran Rp78 Miliar untuk Bangun 2 FlyoverIDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jawa Barat Aa Koswara menjelaskan, fly over untuk jembatan Laswi memiliki panjang fly over mencapai 520 meter, panjang jembatan 36 meter, jumlah bentangnya satu, lebar jembatan 9 meter, dan clearance sekitar 5,2 meter.

Sementara untuk jembatan Jalan Jakarta panjangnya mencapai 500 meter, dan panjang jembatan sekitar 40, meter. Sedangkan untuk lebar jembatan mencapai 9 meter dan clearence 5,38 meter.

3. Konektivitas transportasi baik untuk memperlancar arus lalu lintas

Pemprov Jabar Gelontorkan Anggaran Rp78 Miliar untuk Bangun 2 FlyoverIDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, konektivitas di perkotaan jelas akan berdampak bukan hanya meminimalisir kemacetan, tapi juga pertumbuhan perekonomian. Sebab dengan kemacetan yang sedikit maka akses masyarakat untuk bepergian dan melakukan aktivitas tidak banyak terhambat.

Bandung sebagai Ibu Kota Provinsi Jabar saat ini memang sudah padat dengan banyaknya kendaraan hilir mudik. Pertumbuhan jumlah penduduk pun berdampak pada kenyamanan berlalulintas.

"Jadi kuncinya, tantangan kita adalah memperbanyak konektivitas baru atau memperbaiki yang ada," papar Ridwan.

Satu hal yang dititipkan Ridwan kepada pengembang dua proyek fly over, agar desainnya bisa menarik ketika dilihat masyarakat. Contoh yang ada adalah jembatan pelangi yang mampu menjadi salah satu iko Kota Bandung.

Di sisi lain, kontraktor pun harus memikirkan agar pengerjaan proyek ini tidak memberikan masalah lalu lintas kepada masyarakat. "Tolong cari metode konstruksi untuk meminimalisir kemacetan dan standar jembatan ini harus murah, cepat pengerjaan dan bagus secara visual," papar Ridwan.

Baca Juga: Proyek Jalur Lingkar Sukabumi Masuki Pengerjaan Jembatan Layang 

Baca Juga: 4 Fakta Kecelakaan Maut di Tol Cipularang, Hasil Penyelidikan Polisi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya