Pemprov Jabar Bakal Ikut Pindahkan Ibu Kota, Ini 3 Pilihan Daerahnya

Kalau jadi, Kota Bandung bukan lagi ibu kota Jawa Barat

Bandung, IDN Times - Pemindahan Ibu Kota ternyata tidak hanya akan dilakukan pemerintah pusat. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) pun berencana melakukan hal serupa dengan memindahan Ibu Kota Provinsi dari Kota Bandung ke tiga daerah yang sedang dalam pembahasan bersama DPRD.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, rencana pemindahan Ibu Kota Provinsi Jabar dari Bandung memang sudah dibicarakan dengan DPRD. Bahkan rencana tata ruang dan wilayah (RTRW) 2009-2029 yang disahkan kemarin sudah termasuk di dalamnya.

"Ada mengenai kawasan Rebana, penataan jalur-jalur transportasi, termasuk persetujuan wacana pemindahan ibu kota pemerintahan," ujar Ridwan Kamil di kantornya, Kamis (29/8).

1. Tegalluar, Segitiga Rebana, dan Walini jadi opsi

Pemprov Jabar Bakal Ikut Pindahkan Ibu Kota, Ini 3 Pilihan DaerahnyaIDN Times/Debbie Sutrisno

Menurut Emil, sapaan akrabnya, saat ini ada tiga daerah yang mungkin menggantikan Bandung, yaitu Tegalluar Kabupaten Bandung, Segitiga Rebana yang ada di Cirebon, Majalengka, dan Subang, serta daerah perkebunan Walini yang akan dilalui kereta cepat.

"Sebenarnya masih terbuka untuk yang lain, tapi yang sudah di-mention tiga tempat itu," ujar Emil.

Meski demikian, semua tengah dikaji kembali apakah ketiga daerah ini memang memadai dari segi luasan lahan, kondisi air, dan resiko kebencanaan.

"Enam bulan kajian dilakukan, tahun depan kami kabari lagi," paparnya.

2. Bandung sudah terlalu padat

Pemprov Jabar Bakal Ikut Pindahkan Ibu Kota, Ini 3 Pilihan DaerahnyaDivaldi Gunawan

Menurut mantan Wali Kota Bandung ini, Kota Kembang saat ini memang sudah kurang memadai dari segi kelayakan sebagai ibu kota. Musababnya, Bandung kian padat dan infrastruktur yang ada sudah tidak memadai untuk menampung pertumbuhan masyarakat, maupun mereka yang datang mencari pekerjaan.

"Sama seperti Jakarta, sudah ga cocok lagi melayani pusat pemerintahan karena kantornya menclok-menclok di mana-mana jadi tidak produktif," ungkapnya.

3. DPRD Jabar belum bisa beri masukan di mana letak Ibu Kota baru

Pemprov Jabar Bakal Ikut Pindahkan Ibu Kota, Ini 3 Pilihan DaerahnyaIDN Times/Galih Persiana

Sebelumnya, Anggota Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Jabar, Herlas Juniar mengatakan masalah pemindahan ibu kota provinsi sempat dibahas dalam pembahasan tentang RTRW. Menurutnya, pemindahan ibu kota provinsi memang harus dikaji secara menyeluruh agar didapat tempat paling pas.

"Harus dikaji dulu, mau di Kertajati, Ciwalini atau Tegalluar," katanya.

Dia menyebut, pada prinsipnya dewan mengakomodir ada pusat baru. Karena saat ini beban Kota Bandung mungkin terlalu semrawut. Untuk kajian tersebut, dewan menyerahkan ke dinas permukiman kalau memang tetap akan dilaksanakan.

"Yang jelas, kita tetap memberikan ruang tersebut," katanya.

Baca Juga: Pembentukan Kabupaten Bandung Timur Semakin Serius

Baca Juga: Akademisi: Tingkatkan Mutu SDM, Warga Kaltim Jangan Cuma Jadi Penonton

Baca Juga: Pemprov Jabar Bakal Pindahkan Ibu Kota, Ini Jawaban Wali Kota Bandung

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya