Pemkot Bandung Tutup Enam Tempat Wisata Mulai Hari Ini!

Penutupan untuk mencegah kerumunan warga

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung menutup enam tempat wisata mulai Minggu(23/5/2021). Penutupan objek wisata ini setelah beberapa hari lalu ramai dikunjungi masyarakat baik dari dalam maupun luar Kota Bandung. 

Meski demikian, pada penutupan hari pertama masih banyak masyarakat yang tidak tahu dan sempat datang ke tempat wisata tersebut. Di Kebun Binatang Bandung misalnya, warga masih ada yang datang dan menanyakan apakah tempat wisata ini dibuka atau tidak.

"Tadi mau masuk terus ada satpam di luar dan bilang kebun binatang ditutup sampai tanggal 1 Juni," ujar Wildan ketika ditemui di luar kawasan Kebun Binatang Bandung, Minggu (23/5/2021).

Adapun enam objek wisata yang ditutup ini yaitu Kebun Binatang Bandung, Karang Sentra Water Land, Saung Angklung Udjo, Taman Lalu Lintas, Trans Studio Bandung, dan Kiara Artha Park.

1. Masyarakat kecewa dengan penutupan ini

Pemkot Bandung Tutup Enam Tempat Wisata Mulai Hari Ini!Satpol PP menjaga pintu masuk Kebun Binatang Bandung yang ditutup sementara. IDN Times/Debbie Sutrisno

Wildan pun kecewa dengan penutupan yang dilakukan Pemkot Bandung. Sebab dia sudah merencanakan liburan pada tanggal ini karena sebelumnya pemerintah melarang adanya mudik dan pembatasan di tempat wisata.

"Kirain sekarang sudah santai karena jauh dari Lebaran. Makanya baru mau liburan. Eh pas ke sini malah tutup," ujarnya.

Datang dari daerah Cibuntu, Wildan berencana liburan bersama istri dan dua anaknya yang masih kecil. Menggunakan sepeda motor, Wildan pun beranjak pergi mencari peralihan tempat wisata lain di Bandung yang masih buka.

2. Informasi terkait penutupan kurang masif dan mendadak

Pemkot Bandung Tutup Enam Tempat Wisata Mulai Hari Ini!Wisatawan masih mendatangi Karang Setra yang ditutup Pemkot Bandung. IDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Doni, salah satu warga yang hendak berlibur di Karang Setra juga kecewa dengan penutupan tempat renang ini. Pemkot Bandung disebut kurang masif dalam memberikan informasi terkait penutupan tempat wisata.

"Dan ini dadakan penutupannya. Kalau dari beberapa hari atau satu minggu mungkin kita bisa tahu. Kalau baru kemarin ini kan saya juga ga selalu cek berita," kata dia.

Doni tak sendirian, saat IDN Times datang ke Karang Setra banyak wisatawan yang justru duduk lesehan di seberang pintu masuk. Mereka memilih untuk makan dan jajan sebentar usai kecewa tidak bisa berakhir pekan di kawasan wisata Karang Setra.

3. Pedagang di kawasan wisata meradang

Pemkot Bandung Tutup Enam Tempat Wisata Mulai Hari Ini!Pengunjung Karang Setra memilih duduk di seberang pintu masuk usai penutupan sementara. IDN Times/Debbie Sutrisno

Terkait dengan penutupan kawasan wisata ini, sejumlah pedagang mengeluh karena pendapatan mereka akan berkurang. Padahal sebelumnya omzet yang didapat cukup besar setelah pembukaan kawasan wisata pasca Lebaran.

"Rugi saya sudah siapian cilok banyak ini tahunya tutup. Saya kira masih buka (Karang Setra)," ujar salah satu pedagang yang enggan disebut namanya.

Hal serupa disampaikan penjual mainan anak yang biasa berjualan di Kebun Binatang Bandung. Mereka menilai pemkot Bandung seharusnya tidak usah menutup tapi bisa membatasi dengan cara tertentu sehingga jumlah pengunjung di dalam dan luar kawasan tidak menumpuk.

Baca Juga: Kasus COVID-19 Meningkat, Enam Objek Wisata Kota Bandung Ditutup! 

Baca Juga: Info Wisata Danau dan Candi Cangkuang Garut, Wisata Alam Bersejarah

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya