Pemkot Bandung Janjikan Bantuan Makanan untuk Warga Sekitar Secapa AD

Dengan diberlakukannya PSBM, aktivitas warga dikurangi

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung akhirnya mengelurkan Peraturan Wali Kota Nomor 40 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) di Kota Bandung. Perwal ini muncul setelah diketahui ada sekitar 1.200 orang yang tengah mengikuti pendidikan di sekolah calon perwira (Secapa) TNI AD.

Wali Kota Bandung Oded M Danial menuturkan, dia sudah melakukan koordinasi dengan pihak Secapa AD untuk memastikan pelaksanaan PSBM ini berjalan lancar. Berbagai persiapan pun sudah dilakukan termasuk untuk tes massal baik menggunakan rapid (RPD) atau tes usap (swab).

"Kita lakukan rapid test swan swab agar lingkungan di sana dipastikan terjaga," ujar Oded ditemui di Balai Kota, Rabu (15/7/2020).

1. Pelacakan kontak hingga ke tingkat RT

Pemkot Bandung Janjikan Bantuan Makanan untuk Warga Sekitar Secapa ADIDN Times/Debbie Sutrisno

Berdasarkan Perwal ini, Pemkot Bandung akan melakukan pelacakan mulai dari tingkat kelurahan sampai pemukiman warga yang masuk cakupannya rukun tetangga (RT). PSBM ini pun akan berjalan selama satu kali masa inkubasi atau 14 hari lamanya. PSBM bisa diperpanjang atau diakhiri lebih cepat tergantung dengan kondisi di lapangan.

Dalam aturan ini, Oded pun memastikan tim dari Gugus Tugas bakal melakukan sosialisasi dan edukasi sasaran PSBM. Kemudian, melaksanakan musyawarah Kelurahan untuk mendorong partisipasi masyarakat, menetapkan lokasi isolasi bagi Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan positif yang tidak memiliki tempat tinggal yang layak; dan menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan
sesuai protokol kesehatan.

"Mulai dari tempat cuci tangan yang dilengkapi dengan sabun, alat pendeteksi suhu tubuh (thermal scan), dan masker akan disiapkan," ujar Oded.

2. Kebutuhan pasokan pangan warga akan dipenuhi Pemkot Bandung

Pemkot Bandung Janjikan Bantuan Makanan untuk Warga Sekitar Secapa ADDok. Humas Pemkot Bandung

Karena warga tidak diperbolehkan melakukan berbagai aktivitas termasuk keluar masuk sekitar Secapa AD, pada pasal 9 Perwal ini, Oded memastikan akan memberikan bantuan kebutuhan pangan sehari-hari. Selain itu, Pemkot Bandung juga menyediakan fasilitas konsultasi psikologi dan keluarga.

"Kita juga akan beri pelayanan pembelajaran bagi anak-anak," kata Oded.

3. Ada tiga kelurahan di sekitar Secapa terapkan PSBM

Pemkot Bandung Janjikan Bantuan Makanan untuk Warga Sekitar Secapa ADSecapa AD (secapaad.mil.id)

Sebelumnya, Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna menuturkan, PSBM di Bandung akan berlaku di tiga kelurahan yang berbatasan langsung dengan Secapa AD. PSBM akan dilakukan selama 14 hari sejak Selasa (14/7/2020) hingga Selasa, (28/7/2020).


Adapun tiga kelurahan yang akan ditutup tersebut yakni, Keluharan Cisatu, Hegarmanah dan Panorama.

4. Titik penjagaan akan diterapkan selama pelaksanaan PSBM

Pemkot Bandung Janjikan Bantuan Makanan untuk Warga Sekitar Secapa ADKamar isolasi atau karantina bagi napi yang baru masuk (IDN Times/ istimewa)

Ema mengatakan dengan PSBM yang sudah diberlakukan mulai hari ini, maka tiga wilayah tersebut akan diperketat dan akan menjalankan sejumlah aturan.

"Cek poin diberlakukan. Semua warga masyarakat di sana kalau malam hari jam 21.00 WIB akses masuknya akan ditutup sampai jam 05.00 WIB pagi, jadi mereka sudah tidak boleh lagi ada akses keluar masuk," ujar Ema.

Kemudian, untuk masyarakat yang hendak melewati wilayah tersebut akan dikontrol oleh sejumlah aparat kewilayahan dan instansi terkait lainnya."Siang dikontrol, jadi orang yang masuk daerah sana tidak sembarangan, akan dicatat," ungkapnya.

Baca Juga: Klaster Secapa AD Bandung, 98 Prajurit TNI Sembuh dari COVID-19

Baca Juga: Eksklusif: Awal Mula Corona Menyerang Ribuan Siswa Secapa AD Bandung

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya