Pemkot Bandung Izinkan 330 Sekolah Gelar PTM pada 8 September 

Kegiatan sekolah hanya dilakukan terbatas

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung siap menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas di masa transisi pada 8 September 2021 mendatang. PTM yang akan dimulai pada minggu kedua September ini berlaku bagi 330 sekolah dari semua jenjang pendidikan.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung, Bambang Ariyanto mengatakan, sekolah yang dapat menyelenggarakan PTM yaitu yang telah dinyatakan lolos verifikasi tahap 1 dan telah menjalankan masa uji coba dengan kapasitas 25 persen.

Sedangkan, untuk 1.692 sekolah lainnya baru akan mulai masa uji coba di minggu ketiga September setelah dinyatakan lolos verifikasi.

“Akan dilakukan verifikasi dulu pada 6-9 September 2021. Setelah diplenokan untuk penetapan sekolah yang lulus verifikasi, dan jika dinyatakan lolos maka bisa melakukan uji coba pada 13 September 2021,” kata Bambang dalam diskusi virtual, Kamis (2/8/2021).

1. Sementara ada perbedaan jumlah siswa dalam satu kelas

Pemkot Bandung Izinkan 330 Sekolah Gelar PTM pada 8 September pingpoint.co.id

Bambang menyebut, kapasitas untuk sekolah di masa transisi hanya 25 persen hinga 50 persen. Sedangkan untuk masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) kapasitasnya nanti naik menjadi 50 persen hingga 75 persen dan masa 'new normal' 100 persen. Diperkirakan Januari 2022 akan masuk masa new normal jika kasus semakin landai.

"Pemkot Bandung akan terus memantau secara ketat terhadap sekolah yang sudah menyatakan siap melaksanakan PTM terbatas dan juga selama PTM terbatas berlangsung," kata dia.

Di samping itu, penyelenggaraan belajar tatap muka terbatas di masa pandemi membutuhkan kerja sama yang baik antara pemerintah, pihak sekolah, siswa, maupun orang tua murid. Terutama dalam memberikan edukasi dan informasi tentang persiapan pelaksanaan PTM. 

2. Setiap sekolah jangan kecolongan terapkan prokes COVID-19

Pemkot Bandung Izinkan 330 Sekolah Gelar PTM pada 8 September Situasi vaksinasi untuk pelajar jelang PTM terbatas. IDN Times/Debbie Sutrisno

Untuk itu, Ia mengimbau seluruh elemen di sekolah untuk memastikan penerapan protokol kesehatan yang standar dengan baik dan ketat selama kegiatan PTM terbatas berlangsung.

“Dengan mengamankan alat dan perlengkapan prokesnya, menyiapkan desain kurikulumnya dan dengan menjaga kesehatan seluruh warganya,” tuturnya.

3. Siswa sudah sangat ingin belajar di sekolah

Pemkot Bandung Izinkan 330 Sekolah Gelar PTM pada 8 September IDN Times / Yudi Rohmansyah

Pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas akan dilakukan di Kota Bandung mulai pekan depan, 8 September 2021. Untuk menjaga agar penyebaran virus corona tidak terjadi di lingkungan sekolah selama PTM, vaksinasi kepada pelajar dikebut.

Siswa kelas XII SMK 3 Bandung, Bintang menuturkan, sudah ingin masuk ke sekolah dan belajar seperti biasa. Kali ini ikut serta untuk vaksinasi pertama.

"Ini kan persiapan PTM, sudah kangen belajar di kelas, kangen sama teman-teman juga. Selama ini lewat zoom doang belajarnya," kata Bintang.

Dia menuturkan, selama ini kesulitan untuk sekolah daring (online) khususnya pemenuhuan kuota. Selain itu, sekolah lewat zoom meeting atau Google meet sulit dipahami, dibandingkan dengan sekolah di kelas.

Hal senada disampaikan Imel Trihapsari siswa kelas XI SMK 3 Bandung. Berbeda dengan Bintang, Imel sudah mendapat vaksin dosis pertama, dan pekan ini akan dapat vaksin dosis kedua.

Menurutnya, PTM terbatas di Bandung bisa aman. Ini terlihat dari persiapan termasuk uji coba yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Kemudian pihak sekolah pun menyediaka fasilitas penunjang protokol kesehatan (prokes) yang ketat, sehingga siswa bisa belajar lebih aman dan nyaman.

"Sudah ingin sekolah di kelas karena belajar offline lebih gampang. Kalau online kadang ada materi yang ga masuk ke kita. Pas mau tanya juga malu, jadi lebih baik belajar di kelas aja," ungkap Imel.

Baca Juga: Bupati Pastikan PTM Kabupaten Bandung Digelar 6 September 2021

Baca Juga: 19.910 Madrasah Gelar PTM Terbatas Mulai 30 Agustus

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya