Bupati Pastikan PTM Kabupaten Bandung Digelar 6 September 2021

Namun verifikasi kesiapan sekolah masih dilakukan

Kabupaten Bandung, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung memastikan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas akan dilakukan mulai 6 September 2021. Saat ini, persiapan pun terus dimatangkan untuk memastikan seluruh fasilitas penunjang pembelajaran di tengah pandemik COVID-19 bisa berjalan optimal dan kelak penyebaran virus corona dapat terminimalisir.

Bupati Bandung Dadang Supriatna mewanti-wanti dengan harapan tidak munculnya lonjakan kasus COVID-19 dikala PTM di Kabupaten Bandung dimulai.

"Kami sedang melihat persiapan sekolah mana yang memadai, baik prasaran dan sarana, termasuk APD yang tersedia. Karena kita tidak mau gambling, misalkan anak sekolah melaksnakan PTM tapi malah nambah masalah itu juga menjadi masalah," ujar Dadang Supriatna, di Komplek Pemkab Bandung, Soreang, Kabupaten Bndung, pada Kamis (2/8/2021).

1. Pelaksanaan PTM akan dilakukan secara langsung dan metode jarak jauh

Bupati Pastikan PTM Kabupaten Bandung Digelar 6 September 2021Uji coba PTM disalah satu sekolah dasar di Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Dalam pelaksanaannya, Dadang Supriatna mengatakan, PTM Kabupaten Bandung akan dibatasi sebanyak 25 persen dari jumlah tenaga didik di satu kecamatan. Sisa muridnya belajar dengan metode jarak jauh.

Pasalnya selain untuk menjaga terjadinya kerumunan, dan lebih memudahkan pengendalian serta pengawasannya, hal lainnya juga karena vaksinasi untuk para peserta didik di Kabupaten Bandung masih minim.

"Karena vaksinasi ini masih minim dan lambat kita akan lakukan satu hari online dan satu hari offline. Jadi pakai sistem sif," kata Dadang.

2. Angka ketercapaian vaksinasi bagi peserta didik baru 2 persen

Bupati Pastikan PTM Kabupaten Bandung Digelar 6 September 2021Ilustrasi vaksinasi COVID-19. IDN Times/Aris Darussalam

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Bandung Juhana mengatakan bahwa angka ketercapaian vaksinasi bagi peserta didik masih minim.

"Terkait vaksinasi guru mah sudah 80 persen, murid atau peserta didik mah baru 2 persen. Masih sedikit," tuturnya.

Namun ia mengatakan pelaksanaan PTM memeang harus disiapkan, mengingat saat ini Kabupaten Bandung telah memiliki 122 desa zona hijau, dan 153 zona kuning.

3. Sedikitnya 25 persen sekolah telah siap untuk PTM

Bupati Pastikan PTM Kabupaten Bandung Digelar 6 September 2021Twitter.com/dispendiksby1

Disinggung jumlah satuan pendidikan yang sudah siap dan masuk tahap verifikikasi, Juhana mengatakan, berdasarkan data yang dihimpun sedikitnya 25 persen sudah memiliki kesiapan.

"Udah banyak yang siap. Hasil interval hari ini sudah ada. Ya, minimal 25 persen data sudah ada yang siap. Yang lainnya bukan tidak siap, fisik siap namun belum meng-update data ke Dapodik," kata Juhana.

4. Surat edaran pelaksanaan PTM di Kabupaten Bandung sudah diterbitkan

Bupati Pastikan PTM Kabupaten Bandung Digelar 6 September 2021Sumber Foto : Humas Pemkab Bandung

Sementara itu, untuk memastikan jalannya PTM, pemerintah telah menerbitkan surat edaran pelaksanaan PTM secara terbatas nomor 421/2065-Disdik. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung mengatakan, surat itu diterbitkan untuk menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 35 Tahun 2021 Tentang PPKM Level 4, 3 dan 2 Covid-19 dan Surat Edaran Bupati Bandung Nomor 443.1/1971/Huk Tentang PPKM Level 3 COVID-19.

“Surat pelaksanaan pembelajaran ini diterbitkan, tetap dengan pertimbangan utama kesehatan lahir batin peserta didik, pendidik, kepala satuan pendidikan, dan seluruh warga satuan pendidikan,” ujar Cakra Amiyana di Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (01/9/2021).

Baca Juga: Pemkab Bandung Terbitkan Surat Edaran untuk PTM Terbatas

Baca Juga: PTM Kota Cirebon Pekan Depan, Bagaimana Teknisnya?

Baca Juga: PTM Terbatas Disetop 3 Hari Jika Ada Pelajar yang Terpapar COVID-19

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya