Patut Dicontoh, Alumni Unpar Beri Bantuan Warung Makan hingga Jukir

Mereka mendapat bantuan hingga Rp1 juta per orang

Bandung, IDN Times - Aksi saling bantu sesama warga terus bermunculan di tengah pandemik COVID-19. Salah satunya dilakukan Ikatan Alumni (IKA) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar).

Bekerja sama dengan Pemkot Bandung dan Pemprov Jabar, mereka memberikan bantuan kepada 92 warung makan di sekitar kampus Unpar Cimbuleuit. IKA Unpar juga memberikan makanan bagi masyarakat Ciumbuleuit dan sekitarnya.

"Kami berikan kepada 92 warung sekitar Unpar yang terdampak pandemi Covid-19. Kita berikan masing masing Rp1 juta," tutur Ketua Panitia IKA Unpar Berbagi Kasih, Jan S. Hutabarat melalui siaran pers dikutip IDN Times, Rabu (18/8/2021).

Di samping itu, para alumni pun memberikan bantuan 1.000 boks makan siap santap kepada warga di RW 1 dan RW 11, Kelurahan Hergamanah dan RW 6 Kelurahan Cimbuleuit.

"Makanan siap santap ini diolah oleh para pemilik warung makanan. Tanda kasih juga kita berikan kepada juru parkir di Unpar sebanyak 25 orang," bebernya.

1. Relaksasi untuk mendongkrak ekonomi mulai dijalankan

Patut Dicontoh, Alumni Unpar Beri Bantuan Warung Makan hingga JukirIlustrasi warung di tengah PPKM Darurat (ANTARA FOTO/Fauzan)

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana berterimakasih dan mengapresiasi kepada IKA Unpar yang tengah membantu warga terdampak pendemik COVID-19.

"Ini menunjukan, warga Bandung ini baik. Gotong royongnya luar biasa, sehingga berbagai kelompok seperti ini bisa membantu warga sekitar," katanya.

Menurutnya, saat ini Pemkot Bandung mulai melakukan sejumlah relaksasi untuk meningkatkan perekonomian. Meski demikian Yana berharap masyarakat bisa patuh menerapkan protokol kesehatan.

2. Pendapatan sangat berkurang karena tidak ada perkuliahan

Patut Dicontoh, Alumni Unpar Beri Bantuan Warung Makan hingga JukirIlustrasi Kuliah Online (IDN Times/Candra Irawan)

Sementara itu, pengusaha makanan yang terdampak Covid-19, Tuti Sulastri merasa terbantu atas bantuan yang diberikan. Bantuan seperti ini bisa memberikan sedikit napas untuk kehidupan keluarganya.

Tuti yang berjualan makanan dan minumannya itu, selama pandemi penjualan cukup sepi. Sehingga yang membeli biasanya mahasiswa, kali ini hanya warga yang melewat saja.

"Selama pendemi ini jarang ada (yang beli). Mahasiswa kosong, sudah 1 tahun lebih selama pandemi. Yang makan itu yang lewat aja. Beli 1 atau 2," katanya.

3. Kolaborasi dengan alumni kampus tanggulangi dampak pandemik terus dijalin

Patut Dicontoh, Alumni Unpar Beri Bantuan Warung Makan hingga JukirIDN Times/Istimewa

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat, Dedi Taufik mengaku terus berkoordinasi dengan Ikatan alumni dari berbagai universitas agar kegiatan serupa atau inovasi dari sisi keilmuan untuk membantu menanganai pandemi bisa dilakukan secara masif.

Kolaborasi antara Disparbud Jabar dengan sejumlah ikatan alumni terus terjalin. Salah satu yang sudah terelasiasi adalah upaya melestarikan permainan tradisional dengan membuat acara bertajuk Ulinpiade dengan IKA Unpad.

“Industri pariwisata menjadi salah satu sektor yang terpukul akibat pandemi. Banyak pula pelaku ekonomi kreatif berjalan lesu. Gerakan sosial seperti ini bisa menjaga optimisme bahwa mereka yang terdampak tidak berdiri sendiri. Program bantuan dari pemerintah juga terus jalan,” terang dia.

Sementara itu, Ketua IKA Unpar, Ivan P. Sadik mengatakan gerakan donasi ini dimulai dua pekan lalu hingga akhirnya terkumpul sebanyak Rp 140 juta. Sasaran kepada pedagang tidak terlepas dari nostalgia.

“Para pedagang ini dulu waktu saya dan teman-teman masih kuliah suka membantu kami kasbon agar kita tetap bisa makan, terutama di akhir bulan. Jadi, sekarang kami yang membantu meringankan mereka yang kondisinya sedang sulit,” terang dia.

Gerakan sosial ini dipastikan akan terus berlanjut dengan menyasar berbagai sektor, termasuk para pelaku ekonomi kreatif. Ia pun berkomitmen siap berkolaborasi dengan pemerintah daerah.

Baca Juga: Solusi Bansos Tepat sasaran, Kemensos Aktifkan Fitur Usul dan Sanggah 

Baca Juga: Bantuan Subsidi Upah Pekerja Cair, Segera Cek di Sini!

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya