Para Pemimpin di Indonesia Tampil di Festival Virtual Bahas COVID-19

Yuk gotong royong untuk tangani dampak pandemik

Bandung, IDN Times - Penanganan pandemik COVID-19 masih menjadi tantangan berbagai pihak. Semangat gotong royong para anak muda dibutuhkan tak hanya untuk penanganan pandemik COVID-19, tapi juga membentuk kepemimpinan yang lebih baik di masa depan.

Chief Executive Officer Pemimpin.id, Dharma Suradhika menuturkan, berdasarkan data yang ada saat ini setidaknya hanya ada 7% millennial di Indonesia yang berkompetensi sebagai pemimpin. Kondisi ini harus segera diperbaikan agar Indonesia ke depan memiliki pemimpin yang handal.

Hal itulah menjadi salah satu dasar gelaran Lead The Fest 2021 bertajuk 'Leading in The New Era' yang diusung oleh Pemimpin.id. Sebuah festival kepemimpinan terbesari di Indonesia yang menjadi ajang dialog dengan tokoh masyarakat lintas generasi.

"Acara ini juga ditujukan menjadi forum dialog antar lintas generasi dan sektoral. Pemimpin senior akan bertemu dengan generasi selanjutnya yang akan melanjutkan kepemimpinan. Jadi mereka semua akan bertemu di satu event, kami ingin perjuangkan kepemimpinan yang bergotong royong," Dharma Suradhika dalam dikusi virtual, Selasa (10/8/2021).

1. Jajaran menteri hingga kepala daerah akan ikut berdiskusi

Para Pemimpin di Indonesia Tampil di Festival Virtual Bahas COVID-19Sandiaga Uno bersama dengan Erick Thohir (Instagram.com/sandiuno)

Menurutnya, kegiatan ini digelar sekaligus dalam rangka memperingati hari kemerdekaan dan selebrasi kepemimpinan Indonesia. Agar kegiatan ini bisa memberi dampak maka jajaran menteri, kepala daerah, hingga pengusaha akan diajak jadi pembicara utama.

Sejumlah nama beken seperti Menteri BUMN Erick Thohir, MenkopUKM Teten Masduki, Menparekraf Sandiaga Uno, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, CEO Paragon Technology and Inoovation Salman Subakat siap memberikan pengalaman mereka.

"Konteks tahun ini menitik beratkan pada pelestarian nilai gotong royong untuk mendukung upaya menang bersama menghadapi pandemi. Misi besarnya mengakhiri covid secepat-cepatnya," ujarnya.

2. Anak muda harus mau bekerja sama membangkitkan Indonesia

Para Pemimpin di Indonesia Tampil di Festival Virtual Bahas COVID-19unsplash/austindistel

Pemimpin.id berharap, festival virtual ini dapat menghasilkan calon-calon pemimpin masa depan Indonesia yang mampu menghadapi segala tantangan dengan lebih baik lagi. Terinspirasi oleh seluruh rangkaian kegiatan serta pembicara-pembicara ahli dan tokoh masyarakat yang ikut berbagi ilmu, semangat juang besar untuk Indonesia bangkit dan menang bersama.

"Hastag #Menangbersama itu kita mengumpulkan inisiatif yang terpencar, bagi-bagi bantuan, membuat rumah isoman, dan dengan seninya menghibur, itu semua sangat bermanfaat," paparnya.

Dengan demikian nantinya COVID ini bukan hanya mengenai percepatan vaksinasi melainkan dampak lain seperti krisis multisektor dan upaya untuk membangkitkannya kembali.

3. Jangan sampai hilang empati selama pandemik

Para Pemimpin di Indonesia Tampil di Festival Virtual Bahas COVID-19IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Pembina Pemimpin.id Susi Boediman menambahkan, yang perlu ditekankan dalam ajang festival kali ini yaitu mengenai sikap gotong royong. Menurutnya, pandemik hanya salah satu kondisi saja. Jangan sampai kondisi ini membuat empati anak muda di Indonesia justru tergerus.

"Untuk menyadari bahwa dengan bersama bisa menghadapi ini, pandemik ini hanya salah satu saja, kita semua memang perlu menyikapinya dan tidak meninggalkan tugas kita sebagai manusia yang memiliki empati," kata Susi.

Lead The Fest akan berlangsung mulai dari tanggal 12 hingga 18 Agustus 2021 mendatang dan dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia. Pendaftaran dapat dilakukan secara gratis melalui situs https://leadthefest.id.

Harapan besar dari acara Lead The Fest 2021 adalah calon-calon pemimpin masa depan Indonesia akan mampu menghadapi segala tantangan dengan lebih baik lagi.

Baca Juga: Terdampak COVID, Pedagang Kaki Lima Minta Perhatian dari Pemkot Depok

Baca Juga: 5 Bulan Pandemik COVID, Kampung Sapu Ijuk Purwakarta Kembali Produksi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya