P3JI Imbau Pengusaha Hindari Korupsi saat Proyek Perlengkapan Jalan 

Jadilah pelaku usaha yang menjunjung tinggi kredibilitas

Bandung, IDN Times - Perkumpulan Perusahaan Perlengkapan Jalan Indonesia (P3JI) mengimbau para pengusaha khususnya yang menjadi anggota untuk menghindari praktik korupsi dalam setiap proyek yang dikerjakan bersama pemerintah. Ini penting untuk menjamin kualitas hasil kerja sesuai spesifikasi teknis dan dalam jangka waktu yang telah ditetapkan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ketua DPP P3JI Jawa Barat, Effendi Edo mengatakan bahwa pengerjaan proyek tanpa praktik korupsi diharapkan mampu meningkatkan iklim usaha yang lebih profesional.

"Kita semua wajib untuk melakukan itu (antikorupsi). Terjebak atau tidak itu sebetulnya pada dasarnya pengusaha P3JI profesional, kalau ada yang menyangkut di luar itu, itu hal lain," kata Effendi dalam kegiatan P3JI di Kota Bandung, Senin (11/9/2023).

1. Pengerjaan proyek oleh P3JI harus tepat waktu

P3JI Imbau Pengusaha Hindari Korupsi saat Proyek Perlengkapan Jalan Musda P3JI Jabar di Kota Bandung, Senin (11/9/2023). IDN Times/Debbie Sutrisno

Pria yang kerap dipanggil Edo berkomitmen untuk memajukan P3JI Jabar dengan iklim usaha yang memegang prinsip profesionalisme.

P3JI Jabar diisi oleh lebih dari 40 perusahaan penyedia jasa perlengkapan jalan. Edo memastikan bahwa, setiap anggota yang di P3JI telah teruji dalam kredibilitas maupun kualitas.

"Karena P3JI sudah teruji, profesional, tepat waktu dan bertanggung jawab," ungkapnya.

2. Cari peluang kerja sama dengan kementerian dan operator tol

P3JI Imbau Pengusaha Hindari Korupsi saat Proyek Perlengkapan Jalan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh di Tol Trans Sumatra (JTTS). (dok. Hutama Karya)

Edo menuturkan, P3JI telah menjalin hubungan yang baik dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Ke depan, P3JI akan berusaha mengembangkan mitra usaha lain seperti, Kementerian ESDM, hingga operator-operator tol.

"Karena yang menangani perlengkapan jalan tidak hanya Kemenhub, ada ESDM, Bina marga, Jasa Marga. Dasarnya tadi, kami profesional berintegritas dan kami ingin berkontribusi juga bagi kementerian yang lain, khususnya dalam hal pelengkapan jalan, biar makin berkualitas," kata dia.

3. Ribuan pelaku usaha terhimpun dalam organisasi ini

P3JI Imbau Pengusaha Hindari Korupsi saat Proyek Perlengkapan Jalan IDN Times/Debbie Sutrisno

Sekjen P3JI Henry Siregar mengatakan bahwa, hadirnya P3JI Jabar diharapkan dapat menambah kekuatan secara nasional. P3JI akan menjadi wadah untuk silaturahmi dan komunikasi terhadap dinamika yang terjadi di sektor usaha perlengkapan jalan.

"Kita jadikan wadah untuk mengakomodir semua pemegang tanda daftar yang diterbitkan Kemenhub. Awalnya dari 1.500 tanda daftar yang diterbitkan seluruh Indonesia itu berjalan masing-masing," kata Henry.

Selain itu, hadirnya P3JI juga akan dijadikan wadah mengakselerasi pemahaman terhadap isu-isu terbaru dalam usaha perlengkapan jalan, sehingga perkembangan usaha perlengkapan jalan dapat diketahui secara cepat dan efektif.

"Saat ada regulasi baru, wadah ini akan membantu mengembangkan memberi masukan kepada teman-teman. Sehingga teman-teman yang belum memahami seperti e-katalog atau regulasi akan terbantu.

Baca Juga: Dugaan Korupsi Rp300 Triliun di PT Taspen, Dirut Bakal Dicopot?

Baca Juga: Kota Bandung Miliki Microlibrary Usung Literasi Antikorupsi 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya