Mobil Terguling, 8 Penumpang Minibus di Bandung Alami Luka-Luka

Tetap waspada dan cek kendaraan anda sebelum bepergian

Bandung, IDN Times - Kendaraan minibus Daihatsu Espass mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Babakan Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Minggu(8/8/2021) malam. Peristiwa ini mengakibatkan delapan penumpang terluka. 

Kecelakaan ini diduga akibat kondisi jalan yang licin sehingga ban mobil selip dan mengakibatkan mobil terguling.

Kanit Laka Lantas Polrestabes Bandung AKP Tejo Reno membenarkan peristiwa kecelakaan tunggal yang terjadi sekitar pukul 20.30 WIB. Beruntung tidak ada korban meninggal dunia dalam kecelakan itu.

"Dari olah TKP itu karena jalan licin, ban selip dan pengemudi tidak bisa mengontrol kendaraan sehingga terguling," ujarnya saat dihubungi, Senin (9/8/2021).

1. Ada satu orang harus jalani operasi

Mobil Terguling, 8 Penumpang Minibus di Bandung Alami Luka-LukaIlustrasi rumah sakit. IDN Times/Arief Rahmat

Menurutnya, dari orang mengalami luka-luka di antaranya enam orang perempuan yang duduk sebagai penumpang. Selanjutnya yaitu dua orang laki-laki yaitu sopir dan seorang penumpang.

"Tujuh orang pulang ke rumah artinya lukanya tidak fatal dan satu orang perawatan di rumah sakit karena jari bengkok harus dioperasi," katanya.

2. Para penumpang adalah karang taruna yang hendak mengikuti rapat

Mobil Terguling, 8 Penumpang Minibus di Bandung Alami Luka-LukaIlustrasi Work From Home (IDN Times/Arief Rahmat)

Ia menuturkan, delaan orang yang mengalami kecelakaan diketahui rombongan karang taruna. Mereka hendak menuju ke sebuah tempat untuk melaksanakan rapat.

Kepolisian telah mengamankan kendaraan yang hancur tersebut ke kantor kepolisian. Meski hancur, pihaknya bersyukur tidak terdapat korban jiwa dalam kecelakaan tunggal. Saat ini pemeriksaan belum dilakukan kepada para korban karena masih mengalami trauma.

3. Cek kondisi ban sebelum berkendara

Mobil Terguling, 8 Penumpang Minibus di Bandung Alami Luka-LukaANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Ban adalah salah satu bagian terpenting dari sepeda motor atau kendaraan lainnya. Pengendara salah satunya mengandalkan kemampuan cengkeraman ban untuk menjaga pengendara aman selama perjalanan.

Ban yang dirawat dengan baik bisa meningkatkan usia penggunaan hingga menjaga performa dan kualitas berkendara. Selain berkaitan dengan performa, kondisi ban juga berperan besar dalam memastikan pengendara tidak berisiko mengalami hal yang tidak diinginkan.

Namun, seperti semua bagian mesin dan karet yang rentan aus, ban pun tak luput dari masalah ini. Berikut empat hal yang perlu dicek pada ban sebelum melaju di permukaan yang licin!

1. Cek tahun pembuatan ban

2. Kondisi ban pecah-pecah dan tonjolan di bagian dinding samping ban

3. Cek indikator keausan ban

4. Pola keausan pada ban

Baca Juga: Penyebab Kecelakaan Tiger Woods, Petugas: Murni Kecelakaan

Baca Juga: HUT RI ke-76, Yuk Rekreasi Sejarah Perjuangan di Kota Bandung

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya