Malam Ini Diprediksi Pemudik di Jalur Nagrek Mulai Meningkat

Kemacetan kerap timbul karena angkot berhenti sembarangan

Bandung, IDN Times - Polresta Bandung memprediksi arus mudik yang melintasi jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mulai memuncak malam ini, Selasa (18/4/2023), atau H-4 perayaan Idul Fitri.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan pada H-4 ini merupakan hari terakhir bagi para pegawai bekerja. Sehingga pemudik bisa mulai berangkat pada sore hari.

"Tidak menutup kemungkinan setelah bubar kerja, buka puasa di rumah, kemudian memulai perjalanan melewati jalur Cileunyi-Nagreg ini," kata Kusworo di Pos Pengamanan Mudik Cikaledong, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (18/4/2023).

1. Belum terlihat kepadatan pemudik

Malam Ini Diprediksi Pemudik di Jalur Nagrek Mulai MeningkatIDN Times/Yogi Pasha

Meski demikian, sampai sore ini belum ada kepadatan arus mudik yang berarti di jalur Cileunyi hingga Nagreg. Walaupun Polresta mencatat volume kendaraan yang melintasi Nagreg terus meningkat.

Pada H-7 menurutnya ada sekitar 31 ribu kendaraan, H-6 ada 50 ribu kendaraan, dan pada H-5 ada 81 ribu kendaraan yang melintas Nagreg.

"Sehingga ha ini kami semakin berwaspada. Soalnya hari ini hari terakhir bekerja," kata dia.

2. Pantauan diutamakan lewat CCTV

Malam Ini Diprediksi Pemudik di Jalur Nagrek Mulai MeningkatIlustrasi cctv.ifsecglobal.com

Di samping itu, menurutnya pihaknya juga menggunakan CCTV yang dimiliki Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung untuk memantau arus lalu lintas di jalur Nagreg agar lebih cepat mengantisipasi gangguan kelancaran lalu lintas.

"Kami Insya Allah persiapkan untuk yang terbaik," kata Kusworo.

3. Elf dan angkot jadi salah satu penyebab kemacetan di jalur arteri

Malam Ini Diprediksi Pemudik di Jalur Nagrek Mulai MeningkatIDN Times/Istimewa

Angkatan umum seperti elf dan angkot menjadi salah satu hambatan arus lalu lintas di jalur mudik perbatasan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung tepatnya di Bunderan Cibiru, Kota Bandung.

Kendaraan umum ini kerap kenaikan dan menurunkan penumpang sembarangan di Bunderan Cibiru yang mengakibatkan arus lalu lintas di jalan tersebut mengalami perlambatan.

Kapolsek Panyileukan AKP Kurniawan bersama anggota Unit Langas Polsek Panyileukan berikan imbauan dan sosialisasi kepada para sopir angkutan umum agar ikuti imbauan petugas supaya arus lalu lintas lancar.

"Selamat siang pak, mohon maaf untuk maju dan jangan berhenti di kawasan ini karena dapat menimbulkan kemacetan," kata Kurniawan kepada para sopir angkutan umum ini.

Dia berharap para pengemudi agar sama-sama mengerti dengan situasi saat ini yang di mana jalan tersebut saat ini juga dilintasi oleh para pemudik.

Baca Juga: Begini Skenario di  Jalur Limbangan Garut Ketika Padat Saat Arus Mudik

Baca Juga: Tol Cisumdawu Bisa Dipakai Mudik, Tapi Hanya Sampai Pukul 15.00 WIB

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya