Tol Cisumdawu Bisa Dipakai Mudik, Tapi Hanya Sampai Pukul 15.00 WIB

Fasilitas di tol ini belum maksimal

Bandung, IDN Times - Jalan tol Cisumdawu yang menghubungkan Cileunyi hingga ke Dawuan dipastikan bisa digunakan untuk jalur mudik Idul Fitri tahun ini. Namun, karena belum semua akses sempurna, maka pemudik hanya bisa menggunakan tol hingga gerbang tol Ujung Jaya di kilometer (Km) 216 sampai pukul 15.00 WIB.

Dirlantas Polda Jawa Barat Kombes Wibowo mengatakan, saat ini jalur yang bisa digunakan baru dua jalur, A dan B baru sampai ke gerbang tol Cimalaka di Km 186. Jalur yang bisa dipakai baru jalur A saj,a hingga gerbang tol terakhir yang menembus ke Tol Cipali.

"Dari pihak BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) akan mengfusionalkan sisa ruas tol lanjutan dari Km 186 ke Km 216 hingga bertemu di Km 152 Tol Cipali. Pola lalin yang digunakan hanya jalur A, atau one way pada saat mudik maupun balik," kata Wibowo dalam konferensi pers di Mapolda Jawa Barat, Rabu (12/4/2023).

1. Jalan berkabut pada malam hari

Tol Cisumdawu Bisa Dipakai Mudik, Tapi Hanya Sampai Pukul 15.00 WIBIDN Times/Debbie Sutrisno

Dia menuturkan, jadwal fungsional jalur pun tidak bisa digunakan selama 24 jam. Dari Km 186 hingga Km 216 baru bisa dipakai dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB.

Kondisi ini diberlakukan karena akses di jalan tersebut belum maksimal. Penerangan belum seluruhnya terpasang serta tidak ada rest area.

"Pas sore ke malam ini jalanannya berkabut. Makanya kita siapkan sampai jam segitu karena untuk keselamatan masyarakat juga," ujarnya.

2. Siapkan rest area sementara

Tol Cisumdawu Bisa Dipakai Mudik, Tapi Hanya Sampai Pukul 15.00 WIBIlustrasi rest area. Dokumen Istimewa

Menurutnya, saat ini belum ada rest area resmi yang berada di tol Cisumdawu hingga ujung tol. Pada mudik tahun ini, akan dibangun rest area yang berdiri untuk sementara waktu. Titiknya berada di Km 194 hingga Km 195 di jalur B.

Di sana bakal tersedia SPBU mini, toilet portabel, dan kebutuhan lainnya. Selain itu ada juga petugas pengisian bahan bakar yang memakai sepeda motor untuk mengantarkan kepada pemudik yang membutuhkan.

"Tapi ini hanya untuk tempat istirahat sementara. Harapan kita masyarakat bisa istirahat dengan tempo waktu tidak begitu lama," kata dia.

3. Pengalihan arus bakal diberlakukan ketika terjadi kepadatan

Tol Cisumdawu Bisa Dipakai Mudik, Tapi Hanya Sampai Pukul 15.00 WIBIDN Times/Istimewa

Karena jalan tol ini bisa memangkas waktu perjalanan masyasrakat dari Bandung menuju daerah pantura (pantai utara), kepolisian pun menyiapkan skema jika terjadi kepadatan di ujung Tol Cisumdawu yang mengarah ke Cipali.

Ketika ada kepadatan di pintu keluar tol Ujung Jata Utama, maka kendaraan bakal dikeluarkan di pintu tol Ujung Jaya 2. Namun, ketika ekor kendaraan sampai ke Ujung Jaya 2, kendaraa akan dikeluarkan di pintu Tol Sumedang.

"Kalau di Cimalaka itu jalannya kecil, jadi kita pilih kendaraan dikeluarkan di gerbang tol Sumedang," kata dia.

Baca Juga: Kabar Gembira! Mudik Bandung-Cirebon Bisa Lewat Tol Cisumdawu 

Baca Juga: Dampak Bottleneck di Tol Japek-Cipali, Polri Siapkan Oneway saat Mudik

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya