Longsor di TMP Cikutra, 4 Jenazah Nyaris Masuk Sungai

Tahun lalu kondisi serupa terjadi di Cikutra

Bandung, IDN Times - Hujan deras mengguyur bandung sejak pukul 13.00 WIB, Rabu(10/11/2021). Kondisi tersebut menimbulkan longsor di pesisir tempat pemakaman umum di TMP Pahlawan, Cikutra.

Kepala UPT Pemakaman Wilayah 3 Kota Bandung Sumpena mengatakan, kejadian kali ini membuat empat kuburan tergerus tanahnya. Jenazah yang ada di pemakaman tersebut bahkan hampir masuk ke sungai.

"Tapi belum sampai terbawa arus. Jenazahanya sekarang sudah dipindahkan," kata Sumpena saat dihubungi.

1. Tempat kejadian berbeda dengan kejadian lalu

Longsor di TMP Cikutra, 4 Jenazah Nyaris Masuk SungaiIDN Times/istimewa

Longsor yang menimpa tempat pemakaman umum Cikutra bukan yang pertama kali. Beberapa waktu lalu kejadian itu membuat jenazah hanyut ke sungai.

Sumpena memastikan titik longsoran kali ini berbeda. "Ini sekarang di Blok E2, bukan yang dulu. Cuman berdampingan," kata dia.

Menurutnya, titim sekarang berada 500 meter dari kejadian dulu. Sumpena pun memastikan telah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk segera memperbaiki longsoran itu.

2. Tahun lalu 10 jenazah masuk sungai

Longsor di TMP Cikutra, 4 Jenazah Nyaris Masuk SungaiIlustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Mei 2020 bencana longsor sempat menimpa Kelurahan Neglasari, Cibeunying, Kota Bandung, Jawa Barat membuat sejumlah jenazah yang terkubur di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikutra, yang berada di dekat area longsor, terbawa longsor hingga masuk ke sungai.

Longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur Kota Bandung pada Jumat (1/5) malam. Sejumlah wilayah dilanda longsor, salah satunya di wilayah RW 02, Kelurahan Neglasari, Cibeunying.

Ketua RW 02 Kus Heryadi menuturkan, hujan deras yang mengguyur memang membuat tanah yang ada di sekitar TPU longsor. Bahkan hingga Sabtu (2/4) siang, sudah lebih dari 10 jenazah yang berhasil diambil petugas dari sekitar sungai.

"Kita lihat memang ada beberapa jenazah posisinya ini harus dipindahkan. Sudah ada juga yang terbawa arus," ujar Kus dilansir ANTARA.

3. BMKG sebut Bandung akan terdampak musim La Nina

Longsor di TMP Cikutra, 4 Jenazah Nyaris Masuk SungaiIDN Times/Debbie Sutrisno

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung menyatakan wilayah Kota Bandung dengan dataran minim perbukitan pun tak luput dari potensi bencana hidrometeorologi saat memasuki fenomena musim hujan La Nina.

Prakirawan BMKG Bandung Yan Firdaus di Bandung, Jawa Barat, Selasa mengatakan bencana yang berpotensi terjadi di Kota Bandung mulai dari banjir genangan, banjir bandang, hingga angin kencang atau angin puting beliung.

"Sejauh ini kami sudah menghitung adanya peningkatan curah hujan, hingga 20-23 persen, belum sampai ke lebih jauh lagi ya," kata Yan.

Menurut dia potensi kerawanan tersebut masih sama dengan tahun sebelumnya saat adanya fenomena La Nina yang meningkatkan intensitas cuaca ekstrem di wilayah Bandung maupun Jawa Barat.

"Jadi potensinya masih sama seperti tahun kemarin, kategorinya masuknya lemah," kata dia.

Baca Juga: Hujan Deras dan Angin Kencang di Kota Bandung, Sejumlah Pohon Tumbang

Baca Juga: Jabar Siaga Satu Bencana, Kepala Daerah Diminta Siapkan Mitigasi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya