Lakalantas di Sumedang, 4 Orang Meninggal Dunia dan 3 Terluka 

Selalu cek kondisi kendaraan sebelum bepergian

Bandung, IDN Times - Kecelakaan laka lantas di Tanjungsari, Kabupaten Sumedang membuat empat orang meninggal dunia di tempat dan tiga lainnya mengalami luka. Kejadian tersebut melibatkan tiga kendaraan roda empat, empat sepeda motor dan satu truk.

Kasat Lantas Akp Kiki Hartaki menuturkan, kecelakaan ini tepatnya terjadi di Jalan raya Bandung-Cirebon tepatnya dekat RM. Sanur, Dusun Cijanggel, Rt 01 Rw 01, Desa Cinanjung, Minggu (7/11/2021) pagi.

Kendaraan truk tronton dengan nomor polisi D-9597-AE yang dikemudiakan SD membawa muatan batu bara melaju dari arah Cirebon menuju Bandung. Sesampainya di tempat kejadian, ketika truk melewati jalanan yang menikung ke aarah kiri dan menurun tiba-tiba tidak terkontrol sehingga menabrak sejumlah kendaraan.

"Truk menabrak tiga mobil dan juga beberapa sepeda motor, hingga kendaraan truk memasuki bahu jalan sebelah kiri dengan posisi akhir menabrak pohon yang berada di area bahu jalan," ujar Kiki.

1. Empat orang meninggal dunia di lokasi kejadian

Lakalantas di Sumedang, 4 Orang Meninggal Dunia dan 3 Terluka IDN Times/Istimewa

Kiki mengatakan, kecelakaan ini pun memakan korban hingga empat orang dengan inisial RS, LH, IS, dan RA, yang semuanya pengendara motor. Sementara tiga orang yang alami luka adalah MR, TS, dan seorang yang belum diketahui identitasnya.

"Saat ini baik korban meninggal dunia dan yang mengalami luka ringan berada di rumah Sakit ANC Cileunyi, Kabupaten Bandung," ujarnya.

2. Waspada rem blong, ini trik mengatasinya

Lakalantas di Sumedang, 4 Orang Meninggal Dunia dan 3 Terluka Ilustrasi Rem Tromol (IDN Times/Dwi Agustiar)

Banyak kecelakaan terjadi karena rem blong. Pemicunya banyak namun rata-rata karena pemilik kendaraan lalai melakukan perawatan. Padahal rem adalah komponen paling penting dalam kendaraan.

Karena itu selalu periksa kondisi rem kendaraanmu secara rutin. Namun, jika rem blong tiba-tiba terjadi, lakukan beberapa tips berikut.

. Jangan langsung matikan mesin

. Turunkan gigi secara berkala

. Injak pedal rem dan gunakan rem tangan

. Beri isyarat ke pengendara lain dan posisikan ke jalur lambat

. Pilih objek dengan sedikit resiko

3. Hati-hati kampas rem palsu, ini ciri-cirinya!

Lakalantas di Sumedang, 4 Orang Meninggal Dunia dan 3 Terluka Ilustrasi Spare Part Motor (IDN Times/Dwi Agustiar)

Salah satu komponen penting pada motor yang harus dicek secara berkala adalah kampas rem. Sebab jika bagian ini diabaikan, bisa membuat rem blong.

Karena itu penting banget untuk selalu menjaga kondisi kampas rem selalu prima. Jika kampas sudah menipis, segara ganti dengan yang baru. Nah, berikut tips membedakan kampas rem original dengan KW atau palsu.

. Perhatikan kemasannya

. Cek kode produksinya

. Waspada dengan harga murah

Baca Juga: Kecelakaan Maut di Sumedang, Tiga Orang Dikabarkan Meninggal Dunia

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya