Laga Kandang Persib di Stadion GBLA Hanya untuk 29 Ribu Penonton

Persib dipastikan bisa menggunakan Stadion GBLA 

Bandung, IDN Times - Persib Bandung sudah dipastikan bisa menggunakan stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) sebagai kandang dalam kompetisi Liga 1 2022/2023. Kepastian ini setelah pihak manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) melakukan rapat dengan Polda Jawa Barat.

Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, bagi masyarakat yang ingin menyaksikan laga Persib di Bandung bisa membeli tiket secara online. PT PBB tidak akan menyediakan tiket yang dijual secara offline.

Untuk kapasitas, setelah berkoordinasi dengan berbagai pihak, maka hanya 75 persen dari total ketersediaan kursi yang bisa digunakan.

"Jadi sesuai dengan kesepakatan kapasitas di sana hanya ada 38 ribu. Tapi karena dengan pertimbangan PPKM jadi hanya 29 ribu yang akan dipersiapkan panitia," ujar Ibrahim, Selasa (19/7/2022).

1. Hanya yang sudah vaksin booster bisa datang ke stadion

Laga Kandang Persib di Stadion GBLA Hanya untuk 29 Ribu PenontonIlustrasi vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau vaksinasi booster (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Ibrahim pun meminta manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) untuk memastikan penjualan tiket tidak terlalu banyak karena mengantisipasi penyebaran virus corona (COVID-19) di dalam stadion. Pun dalam penjualaannya dilakukan dengan benar sehingga tak ada penumpukan ketika penonton mendatangi stadion.

Selain jumlah, penonton yang diperbolehkan masuk ke dalam stadion untuk menyaksikan pertandingan harus sudah mendapat vaksin booster atau vaksin ketiga. Jika penonton belum mendapatkan booster, mereka dilarang menyaksikan pertandingan di dalam stadion.

"Ini penekanan kita untuk penonton yang masuk harus booster. Karena belinya online (daring) dan terkoneksi dengan aplikasi PeduliLindungi maka penonton harus memastikan dulu sudah booster. Kalau tidak akan ter-cancel (batal) dengan sendirinya," ujar Ibrahim.

2. Tiket bisa dibeli di Apps dan laman Persib

Laga Kandang Persib di Stadion GBLA Hanya untuk 29 Ribu PenontonIDN Times/Galih Persiana

Sementara itu, Direktur Persib Teddy Tjahyono menegaskan bahwa tiket hanya bisa dibeli 100 persen secara online melalui Apps dan laman resmi Persib. Proses pembelian pun hanya bisa dilakukan oleh satu orang saja. Artinya, tiket hanya bisa dibeli oleh satu orang satu KTP.

Teddy menjelaskan hal itu lantaran pembelian tiket akan dikoneksikan dengan aplikasi PeduliLindungi.

"Aturannya satu tiket satu KTP karena sesuai aturan pemerintah semua akan terkoneksi ke PeduliLindungi. Apabila calon penonton belum di vaksin booster otomatis tidak bisa beli tiket," katanya.

3. Siapkan beberapa tempat untuk penukaran tiket di lapangan

Laga Kandang Persib di Stadion GBLA Hanya untuk 29 Ribu PenontonFoto udara Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/7/2020) (ANTARA Foto/Raisan Al Farisi)

Penonton yang sudah membeli tiket via online akan mendapatkan bukti pembelian melalui WhatsApp maupun email berupa elektronik tiket atau e-tiket. Nantinya e-tiket itu ditukarkan sebelum pertandingan dimulai..

"Elektronik tiket wajib ditukarkan dengan tiket gelang fisik yang akan dilakukan di hari H, pagi hari. Nanti detailnya akan diedukasi menjelang pertandingan," katanya.

Sementara itu untuk lokasi penukaran e-tiket, pihaknya masih akan mengkaji. Namun, diperkirakan ada beberapa spot penukaran tiket yang akan dibuka untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan.

"Kita juga ingin mengingatkan teman-teman Bobotoh juga perlu mempunyai kesadaran supaya penonton yang tidak punya tiket sebaiknya tidak datang. Bagaimanapun kita utamakan penonton yang punya tiket. Mohon kerja samanya supaya bisa menjaga bersama," kata dia.

Baca Juga: Polisi Izinkan Stadion GBLA Jadi Markas Persib di Liga 1 2022/2023

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya