Polisi Izinkan Stadion GBLA Jadi Markas Persib di Liga 1 2022/2023

Penjualan tiket seluruhnya dilakukan secara online

Bandung, IDN Times - Teka-teki stadion yang akan digunakan Persib Bandung untuk melakoni laga kandang selama Liga 1 2022/2023 akhirnya terjawab. Kepolisian akhirnya memberikan izin Persib bermain di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dengan sejumlah persyaratan.

Hal ini disampaikan Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo. "Iya (sudah dizinkan). Sudah ada hasil koordinasi," ujar Ibrahim dalam konferensi pers di Mapolda Jabar, Selasa (19/7/2022).

Menurutnya, perizinan itu pun sudah sesuai arahan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang melakukan evaluasi secara menyeluruh atas penggunaan Stadion GBLA.

1. Harus ada perbaikan dari sistem penjualan tiket

Polisi Izinkan Stadion GBLA Jadi Markas Persib di Liga 1 2022/2023IDN Times/Debbie Sutrisno

Ibrahim pun meminta manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) untuk memastikan penjualan tiket tidak terlalu banyak karena mengantisipasi penyebaran virus corona (COVID-19) di dalam stadion. Pun dalam penjualaannya dilakukan dengan benar sehingga tak ada penumpukan ketika penonton mendatangi stadion.

Selain jumlah, penonton yang diperbolehkan masuk ke dalam stadion untuk menyaksikan pertandingan harus sudah mendapat vaksin booster atau vaksin ketiga. Jika penonton belum mendapatkan booster, mereka dilarang menyaksikan pertandingan di dalam stadion.

"Ini penekanan kita untuk penonton yang masuk harus booster. Karena belinya online (daring) dan terkoneksi dengan aplikasi PeduliLindungi maka penonton harus memastikan dulu sudah booster. Kalau tidak akan ter-cancel (batal) dengan sendirinya," ujar Ibrahim.

2. Penjual tiket palsu akan ditindak tegas

Polisi Izinkan Stadion GBLA Jadi Markas Persib di Liga 1 2022/2023IDN Times/Debbie Sutrisno

Polisi dan panitia pun bakal melakukan pengecekan secara ketat pada tiket penonton. Jika didapati ada tiket palsu maka kepolisian siap menindak tegas penjual maupun penonton yang membawa tiket palsu tersebut.

"Karena jumlahnya sudah jelas dan kita tahu betul spesifikasinya maka kalau ada tiket palsu disebarkan baka kita proses hukum," ujarnya.

3. Satu NIK untuk satu tiket

Polisi Izinkan Stadion GBLA Jadi Markas Persib di Liga 1 2022/2023Ilustrasi KTP (IDN Times/Umi Kalsum)

Sementara itu, Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono mengatakan, nantinya semua tiket pertandingan akan dijual secara online melalui apps Persib dan laman Persib. Tidak ada penjualan secara offline (luring).

Kemudian satu NIK hanya bisa membeli satu tiket saja, Itu sesuai dengan aturan dari pemerintah termasuk terkoneksiya pembelian dengan aplikasi PeduliLindungi.

Nantinya masyarakat yang sudah membeli tiket akan mendapatkan e-tiket melalui email atau aplikasi WhatsApp.

"Itu wajib ditukarkan dengan tiket visit (fisik) di pagi hari sebelum pertandingan. Danti detail akan disosialisaskan," kata dia.

Demi mengantisipasi adanya penonton tanpa tiket masuk ke stadion, panitia dan aparat bakal melakukan penyisiran di sekitar pintu masuk GBLA dan areal stadium.

Baca Juga: Liga 1 2022/2023, Begini Tampilan Jersey Terbaru Persib Bandung

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya