Kemenhub Pastikan Ada Pekerja Asing Meninggal Dalam Kecelakaan KCJB

Kecelakaan melibatkan kereta teknis

Bandung, IDN Times - Kementerian Perhubungan memastikan untuk melakukan investigasi terkait kecelakaan kereta teknis di jalur Kereta Cepat Jakarta–Bandung (KCJB), di area Cipada–Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (18/12/2022).

Direktur Keselamatan Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Edi Nursalam mengatakan, investigasi dilakukan bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk mengetahui penyebab kereta anjlok hingga keluar lintasan.

“Dia kan menginvestigasi, dia akan mewawancarai orang yang terlibat, mungkin ada kesalahan alat, akan diteliti apakah manusianya atau alatnya,” katanya saat meninjau lokasi kejadian, Senin (19/12/2022).

1. Masih menunggu informasi dari kontraktor

Kemenhub Pastikan Ada Pekerja Asing Meninggal Dalam Kecelakaan KCJBProyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KJCB) oleh PT KCIC (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Terkait korban kecelakaan, kepolisian menyebut ada korban yang meninggal dunia dalam insiden tersebut. Edi pun tak menampik mengenai informasi tersebut.

Berdasarkan informasi yang diterimanya, benar bahwa ada korban meninggal dan luka-luka. “Iya sementara begitu (meninggal dunia),” ungkapnya.

Kendati demikian, Edi belum bisa memastikan apakah korban yang meninggal adalah pekerja asing atau bukan.

“Saya belum bisa pastikan itu, katanya WNA semua. Ini kan memang kontraktornya dari sana,” tuturnya.

2. Pekerja sudah melakukan pekerjaannya secara aman

Kemenhub Pastikan Ada Pekerja Asing Meninggal Dalam Kecelakaan KCJBKeterangan Pers Presiden RI Setelah Meninjau Pintu Masuk Tunnel 2 Proyek KCJB pada Senin (17/1/2022). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sementara itu, Corporate Secretary KCIC Rahadian Ratry membenarkan kejadian mengenai kereta teknis yang keluar jalur KCJB. Namun, saat ini KCIC masih menunggu investigasi yang dilakukan pihak berwajib.

Petugas kepolisian sudah tiba di lokasi dan melakukan pengamanan. KCIC akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk menginvestigasi insiden ini. "Termasuk adanya informasi empat tenaga keerja yang terluka," kata Rahadian melalui siaran pers dikutip Senin (19/12/2022).

Dia mengakui, peristiwa tersebut diperkirakan terjadi di area Cipada-Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat. KCIC memastikan segenap pekerjaan yang dilakukan kontraktor KCJB senantiasa mengimplementasikan aspek Safety, Security, Health and Environment (SSHE) pada setiap aktivitas kerja.

Para kontraktor diminta berkomitmen terhadap aspek keselamatan diri seluruh pekerja sehingga risiko kecelakaan kerja dapat dihindari.

3. Korban sempat dilarikan ke rumah sakit

Kemenhub Pastikan Ada Pekerja Asing Meninggal Dalam Kecelakaan KCJBComprehensive Inspection Train (CIT) atau rangkaian kereta inspeksi proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). (dok. KCIC)

Sebelumnya, kecelakaan melibatkan kereta teknis pengangkut material berwarna kuning dan lokomotif kereta cepat berwarna hijau masih tergeletak di lokasi kejadian dan belum dievakuasi.

Kecelakaan itu saat ini masih diselidiki oleh pihak kepolisian, area tempat kejadian perkara (TKP) pun saat ini sudah dipasangi garis polisi. Sementara beberapa korban sudah dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat penanganan medis.

Seorang saksi mata di lokasi kejadian, Ani (55 tahun) mengatakan, kecelakaan itu bermula saat lokomotif kereta cepat berwarna hijau melaju kencang dari arah Padalarang menuju Jakarta.

"Sementara pemasangan rel kan baru sampai sini. Kereta (lokomotif) dari arah Padalarang melesat ke luar lintasan," kata Ani saat ditemui di lokasi.

Lokomotif yang melesat keluar lintasan sepanjang kurang lebih 200 meter dari ujung rel itu lantas menabrak kereta teknis berwarna kuning yang tengah berada di luar rel kereta.

Mengenai jumlah korban yang terdampak kecelakaan tersebut, Ani tidak terlalu mengetahui. Ia hanya tahu ada beberapa korban yang diangkut melalui depan rumahnya usai kecelakaan itu terjadi.

Baca Juga: Ridwan Kamil Belum Pernah Lihat Studi Dampak Ekonomi dari KCJB

Baca Juga: Insiden Lokomotif Keluar dari Rel, KCIC: Bukan Rangkaian KCJB

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya