Kasus COVID-19 Siswa-Guru dari PTM di Bandung Bertambah Jadi 229 Orang

Sudah ada 47 sekolah dihentikan PTMnya

Bandung, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mencatat kasus siswa dan guru terkonfirmasi COVID-19 saat tes acak PCR menjadi 229 orang.

Kepala Dinkes Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengatakan, data ini didapat dari 7.511 orang yang dites. Dari jumlah tersebut 229 orang dinyatakan positif, 6.755 orang negatif. Sementara sisanya belum keluar hasil.

"Jumlah sekolah yang sudah dilakukan pemeriksaan ada sebanyak 196 sekolah, sedangkan yang sudah keluar hasilnya itu baru dari 182 sekolah," kata Ahyani saat dihubungi wartawan, Jumat (29/10/2021).

1. Mayoritas yang terpapar adalah siswa

Kasus COVID-19 Siswa-Guru dari PTM di Bandung Bertambah Jadi 229 OrangIlustrasi siswa jalani swab PCR. Dok/Humas Pemkot Malang

Dari 229 orang yang dinyatakan positif itu, 214 orang di antaranya merupakan siswa dan 15 orang lainnya merupakan guru. Meskipun ada ratusan orang yang dinyatakan COVID-19 dari kegiatan PTM, Ahyani memastikan seluruh orang yang positif itu tidak mengalami gejala atau masuk kategori OTG.

Ahyani mengatakan tidak menutup kemungkinan angka terkonfirmasi COVID-19 dari PTM itu kembali bertambah. Pasalnya sejauh ini masih ada 14 sekolah yang belum keluar hasil tesnya.

"Kita pun terus melakukan pengetesan dan pelacakan guna mencegah penyebaran sejak dini," kata dia.

2. Ada 47 sekolah harus hentikan PTM

Kasus COVID-19 Siswa-Guru dari PTM di Bandung Bertambah Jadi 229 OrangIDN Times/Debbie Sutrisno

Dari pengetesan ini juga, didapat 47 sekolah di antaranya memiliki persentase terkonfirmasi COVID-19 melebihi 5 persen. Angka persentase itu merupakan perbandingan jumlah kasus pada suatu sekolah dengan jumlah siswa yang ikut PTM secara keseluruhan di sekolah tersebut.

Sehingga 47 sekolah itu berpotensi tidak melanjutkan sementara PTM dan kembali ke sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ).

"Dalam ketentuan, sekolah yang tingkat memiliki tingkat COVID-19 di atas 5 persen maka harus menghentikan PTM," kata dia.

3. Pemkot Bandung masih evaluasi untuk hentikan seluruh PTM

Kasus COVID-19 Siswa-Guru dari PTM di Bandung Bertambah Jadi 229 OrangInstagram/@mangoded_md

Sementara itu, Wali Kota Oded M Danial menegaskan pihaknya belum akan menutup seluruh PTM meski kasus keterpaparan terus bertambah. Saat ini Satgas COVID-19 di bawah arahan Sekda Bandung masih melakukan evaluasi atas data tersebut.

"Semua mengetahui itu sedang dikaji dan kemarin sudah sampai ke saya. Apabila ada yang butuh dihentikan yang dihentikan dulu, kalau yang jalan tetap jalan ini kita pantau," ujarnya.

Di sisi lain Pemkot Bandung juga melakukan pelacakan terhadap orang yang dianggap bersentuhan atau dekat dengan siswa dan guru positif COVID-19.

Baca Juga: 117 Siswa-Guru Positif COVID-19, PTM Bandung Masih Dianggap Baik

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya