Jelang Malam Tahun Baru, Pantai Pangandaran Diguncang Gempa 5.0 SR

Pantai Pangandaran sudah dua kali gempa akhir bulan ini

Bandung, IDN Times - Gempa bumi kembali mengguncang kawasan Pangandaran, Jawa Barat. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatatkan kejadian gempa bumi mengguncang wilayah selatan Garut - Tasikmalaya pada Minggu (31/12) pukul 11.52 WIB.

Gempa dengan kekuatan 5,0 SR itu terletak pada koordinat 8,20° LS ; 107,85° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 90 Km arah Barat Daya Pangandaran, Jawa Barat pada kedalaman 50 km.

1. Masuk kategori gempa dangkal

Jelang Malam Tahun Baru, Pantai Pangandaran Diguncang Gempa 5.0 SRBanjarmasin.tribunnews.com

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo - Australia yang menunjam di bawah lempeng Eurasia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik," kata Daryono dalam keterangannya.

2. Belum ada indikasi gempa susulan

Jelang Malam Tahun Baru, Pantai Pangandaran Diguncang Gempa 5.0 SRPantai Karapyak (portal.pangandarankab.go.id)

Daryono mengungkapkan, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Sehingga, kepada masyarakat di sekitar pesisir pantai Pangandaran, agar tidak panik dan tetap mengikuti anjuran BMKG.

"Hingga pukul 12.20 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan," tuturnya.

3. Gempa di Pangandaran juga terjadi pada dua hari lalu

Jelang Malam Tahun Baru, Pantai Pangandaran Diguncang Gempa 5.0 SRPantai Pangandaran (unsplash.com/valeriano78)

Sebelumnya, wilayah selatan Garut - Tasikmalaya juga diguncang gempa bumi dengan kekuatan yang cukup besar pada Kamis (28/12) pukul 05.43 WIB.

Gempa bumi berkekuatan 5,3 SR itu terletak di titik koordinat 8,18° LS ; 107,79° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 94 Km arah Barat Daya Kab. Pangandaran, Jawa Barat pada kedalaman 41 km. 

Baca Juga: Basarnas Waspadai Potensi Bencana di Pantai Pangandaran dan Santolo

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya