Ini Enam Penjabat Bupati dan Wali Kota Jabar Dilantik pada 20 September

Akan ada pejabat lain yang selesai masa jabatannya 

Bandung, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin akan melantik enam Penjabat (Pj) bupati/wali kota di Jawa Barat pada 20 September 2023. Dia memastikan sudah mendapat surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk enam pejabat tersebut.

"Saya baru mendapat surat dari Kemendagri tentang enam penjabat kepala daerah, yakni untuk tiga wali kota dan tiga bupati pada tanggal 20 September," kata Bey Machmudin di Makodam III Siliwangi dikutip dari ANTARA, Jumat (15/9/2023).

1. Nama tersebut sesuai usulan dari DPRD, Pemprov, dan Kemendagri

Ini Enam Penjabat Bupati dan Wali Kota Jabar Dilantik pada 20 SeptemberUpacara peringatan Hari Jadi ke-212 Kota Bandung (HJKB) Kota Bandung berlangsung khidmat. Upacara dilaksanakan di Plaza Balai Kota Bandung, Minggu 25 September 2022. (Dok. Bandung)

Bey merinci keenam penjabat kepala daerah yang akan dilantik pada tanggal 20 September 2023 itu adalah penjabat Wali Kota Bekasi Gani Muhammad, Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji dan Penjabat Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono.

Kemudian Penjabat Bupati Bandung Barat Arsan Latif, Penjabat Bupati Sumedang Herman Suryatman dan Penjabat Bupati Purwakarta Benny Irwan.

"Jadi enam penjabat baru yang akan dilantik pada 20 September. Ini adalah usulan, dari DPRD, dari Pemprov juga dari Kemendagri, jadi sistemnya seperti itu," ucapnya.

2. Akan ada pejabat yang habis masa jabatanya pada Oktober dan Desember

Ini Enam Penjabat Bupati dan Wali Kota Jabar Dilantik pada 20 SeptemberPj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sementara untuk kota dan kabupaten lainnya di Jawa Barat yang belum memiliki penjabat kepala daerah, Bey Machmudin mengatakan akan disesuaikan dengan jadwal purna-tugas yang bersangkutan.

"Disesuaikan masa berakhirnya (jabatan) kapan nanti diseusaikan. Selanjutnya bertahap, kalau ngak salah Oktober satu, Desember ada beberapa, pokoknya sesuai aturan aja," tuturnya menambahkan.

Diketahui, sejumlah kepala daerah kabupaten dan kota di Jawa Barat akan habis masa jabatannya pada September 2023 ini, termasuk Wali Kota Bandung nonaktif Yana Mulyana.

3. Ini nama pejabat Pemprov yang sebelumnya diusulkan untuk jadi penjabat

Ini Enam Penjabat Bupati dan Wali Kota Jabar Dilantik pada 20 Septemberdreamstime

Sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Jabar telah diusulkan menjadi calon Pj. Seperti, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar Koswara yang diusulkan sebagai calon Pj Wali Kota Bekasi, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jabar Bambang Tirtoyuliono yang diusulkan jadi calon Pj Wali Kota Bandung, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Wahyu Mijaya diusulkan sebagai calon Pj Bupati Bandung Barat, Asisten Daerah Perekonomian dan Pembangunan Setda Jabar Taufik Budi Santoso diusulkan sebagai calon Pj Bupati Purwakarta, serta Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Kusmana Hartaji sebagai calon Pj Wali Kota Sukabumi.

Baca Juga: Mendagri Resmi Lantik 9 Penjabat Gubernur, dari Bey Sampai Bahtiar

Baca Juga: Pj Wali Kota Bandung Dijabat Bambang Tirtoyuliono

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya