Ikut Kebijakan DKI Jakarta, PSBB Proporsional Bodebek Diperpanjang

PSBB akan berlangsung sampai 1 Agustus 2020

Bandung, IDN Times - Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara proporsional di wilayah Bodebek (Kota Bogor, Depok, Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Bekasi) kembali diperpanjang. Masyarakat di kawasan ini masih harus mengikuti aturan PSBB hingga 1 Agustus 2020.

Hal itu tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Jabar Nomor:443/Kep.398-Hukham/2020 tentang Perpanjangan Kedua Pemberlakuan PSBB secara Proporsional di Wilayah Bodebek. Kepgub tersebut ditandatangani Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada Sabtu (18/7/2020).

1. Kewaspadaan harus diberlakukan hingga ke skala mikro

Ikut Kebijakan DKI Jakarta, PSBB Proporsional Bodebek DiperpanjangIDN Times/Candra Irawan

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar Daud Achmad mengatakan, kepala daerah wilayah Bodebek dapat menerapkan PSBB secara proporsional sesuai dengan level kewaspadaan daerah.

"Pemberlakuan PSBB secara proporsional akan disesuaikan dengan kewaspadaan daerah di tingkat kecamatan, desa, dan kelurahan dalam bentuk Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM)," kata Daud melalui siaran pers.

Keputusan perpanjangan PSBB secara proporsional wilayah Bodebek, kata Daud, diselaraskan juga dengan kebijakan pemerintah DKI Jakarta yang memperpanjang PSBB transisi selama 14 hari ke depan mulai Jumat (17/7/2020).

2. Perpanjangan PSBB juga karena angka reproduksi COVID-19 di Jabar meningkat

Ikut Kebijakan DKI Jakarta, PSBB Proporsional Bodebek DiperpanjangIlustrasi Masker (ANTARA FOTO/REUTERS/Eric Gaillard)

Selain itu, keputusan didasarkan pada berbagai hasil kajian epidemiologi. Salah satunya rata-rata angka reproduksi kasus COVID-19 terhadap waktu (Rt) dalam kurun 29 Juni-11 Juli yang capai 1,73.

Dengan perpanjangan PSBB secara proporsional, Daud mengimbau warga Bodebek untuk mematuhi semua ketentuan dan peraturan PSBB secara proporsional, dan konsisten menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari pakai masker, jaga jarak, sampai terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Kunci keberhasilan PSBB secara proporsional di kawasan Bodebek adalah kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi segara peraturan dan menerapkan protokol kesehatan. Dengan begitu, mata rantai penularan COVID-19 bisa diputus," ucapnya.

3. Sementara PSBB di DKI Jakarta berlaku sampai 30 Juli

Ikut Kebijakan DKI Jakarta, PSBB Proporsional Bodebek DiperpanjangSejumlah pengendara melintas di kawasan Senayan, Minggu (17/5/2020) (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan kembali memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi hingga 30 Juli 2020. Anies mengatakan, saat ini masih sangat berisiko apabila Pemprov DKI Jakarta melonggarkan fase pertama PSBB transisi dan masuk ke fase kedua.

"Karena itu kami di DKI Jakarta memutuskan untuk kembali memperpanjang PSBB transisi ini untuk dua pekan ke depan," ujar Anies dalam keterangan pers yang disiarkan Pemprov DKI Jakarta melalui YouTube.

PSBB transisi pertama kali diterapkan di Jakarta pada 5 Juni 2020 selama 28 hari. Kemudian, Anies memutuskan kembali memperpanjang masa transisi selama 14 hari hingga Kamis (16/7/2020).

Baca Juga: Jokowi Minta Evaluasi Perbandingan Daerah Non-PSBB dan PSBB

Baca Juga: PSBM Resmi Diterapkan di 3 Kelurahan di Kawasan Secapa AD Bandung

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya