PSBM Resmi Diterapkan di 3 Kelurahan di Kawasan Secapa AD Bandung

Kawasan ini diberlakukan jam malam bagi warga

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung, resmi menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) di tiga kelurahan yang berbatasan langsung dengan Secapa AD. PSBM akan dilakukan selama 14 hari sejak Selasa (14/7/2020) hingga Selasa, 28 Juli, mendatang.

Keputusan PSBM di wilayah tersebut tertuang dalam Peraturan Wali Kota (Perwal) nomor 40 tahun 2020. Adapun tiga kelurahan yang akan ditutup tersebut yakni, Keluharan Cisatu, Hegarmanah dan Panorama.

1. Selama PSBM akan diterapkan titik penjagaan

PSBM Resmi Diterapkan di 3 Kelurahan di Kawasan Secapa AD BandungIlustrasi PSBB. IDN Times/Mia Amalia

Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan dengan PSBM yang sudah diberlakukan mulai hari ini, maka tiga wilayah tersebut akan diperketat dan akan menjalankan sejumlah aturan.

"Cek poin diberlakukan. Semua warga masyarakat di sana kalau malam hari jam 21.00 WIB akses masuknya akan ditutup sampai jam 05.00 WIB pagi, jadi mereka sudah tidak boleh lagi ada akses keluar masuk," ujar Ema, saat ditemui di Balai Kota Bandung, Selasa (14/7/2020).

Kemudian, untuk masyarakat yang hendak melewati wilayah tersebut akan dikontrol oleh sejumlah aparat kewilayahan dan instansi terkait lainnya."Siang dikontrol, jadi orang yang masuk daerah sana tidak sembarangan, akan dicatat," ungkapnya.

2. Aktivitas masyarakat tetap diizinkan

PSBM Resmi Diterapkan di 3 Kelurahan di Kawasan Secapa AD BandungPexels/Edward Jenner

Penerapan PSBM bukan berarti mengganggu aktivitas warga. Menurut Ema, warga tetap diizinkan untuk bekerja dan melakukan berbagai hal. Hanya saja akses jam operasional akan diberikan waktu khusus.

"Aktivitas tetap boleh, tapi kalau sudah jam 21.00 WIB mohon maaf, sudah tidak bisa kemana-mana, kecuali ada keperluan kedaruratan kesehatan," katanya.

3. Pemkot Bandung akan berikan bantuan masyarakat terdapak ekonomi

PSBM Resmi Diterapkan di 3 Kelurahan di Kawasan Secapa AD BandungIlustrasi corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Sedangkan, untuk jaminan masyarakat yang terdampak di tiga wilayah tersebut. Pemkot Bandung akan memberikan bantuan sesuai data dari Dinas Sosial dan Penanganan Kemiskinan (Dinsosnangkis).

‎"Kita sedang lakukan PSBM, yang secara ekonomi mereka butuh bantuan, kita bantu, datanya masih menunggu," jelasnya.

4. Masyarakat diminta ikuti aturan yang berlaku

PSBM Resmi Diterapkan di 3 Kelurahan di Kawasan Secapa AD BandungIlustrasi virus corona. Dok. IDN Times

Ema menambahkan, masyarakat di tiga tempat yang diminta PSBM harus mengikuti semua aturan yang berlaku. Menurutnya, hal tersebut guna meminimalisir angka penyebaran di tingkat wilayah.

"Kita ingin menekan seminimal mungkin tidak ada perluasan dan meningkatkan kewaspadaan juga jadi untuk radius di beberapa titik di sekitar Secapa ini oleh kita dikarantina," kata dia.

Baca Juga: Besok, 600 Warga Sekitar Secapa AD Jalani Rapid Test! 

Baca Juga: Bandung Dikepung Klaster Secapa AD, Pemkot Tetap Lanjutkan Relaksasi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya