Gen Z-Millennial Bandung Harap Debat Capres-Cawapres Lebih Menarik

suara swing voters diburu dalam acara ini

Bandung, IDN Times - Debat perdana calon presiden (capres) telah diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (12/12/2023) malam. Debat ini menarik perhatian karena menjadi momen pertama para capres bertemu dalam satu panggung dan melakukan saling silang pendapat.

Tontonan menarik ini pun disaksikan banyak masyarakat dari layar kaca televisi termasuk pada anak muda di Kota Bandung. Thalita misalnya, seorang mahasiswi di salah satu kampus Bandung ikut menonton debat tersebut bersama orangtuanya.

"Seru debatnya. Tapi kadang ada pernyataan yang kurang pas dengan situasi sekarang atau nantinya pas salah satu dari mereka terpilih jadi presiden," kata Thalita kepada IDN Times.

Menurut wanita 22 tahun ini, materi debat sudah bagus karena banyak hal yang ditanyakan kepada masing-masing capres. Sayangnya, ada capres yang terlihat bermain aman dan enggan melakukan debat pada momen tertentu.

"Sudah saling serang, tapi ada yang pas kurangnya juga. Tapi malah antiklimaks kalau cuman iya-iya aja," kata dia.

1. Mencerahkan kita sebagai pemilih

Gen Z-Millennial Bandung Harap Debat Capres-Cawapres Lebih MenarikIlustrasi Pemilu. (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu, calon pemilih lainnya, Fidhiah (26) mengatakan bahwa cebat capres yang diselenggarakan KPU bagus untuk anak muda yang belum menentukan pilihan. Saat ini bayak millennial atau pemilih baru masih bingung harus menentukan pilihan kepada siapa, dengan adanya debat maka pemilih pemula bisa saking tahu kapasitas setiap capres.

"Kan biasa kita hanya lihat di berita atau tv (televisi), kadang di media sosial, sekarang bisa lihat dan dengar langsung. Bagus jadinya kita bisa lihat karakter mereka," ujarnya.

2. Pilihan bisa berubah dengan adanya debat

Gen Z-Millennial Bandung Harap Debat Capres-Cawapres Lebih MenarikIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Hal menarik juga disampaikan oleh Setia, wanita 30 tahun. Dia menuturkan setelah melihat debat capres semalam pilihannya pada satu pasangan kemungkinan bisa berubah.

Selama ini dia memilih salah satu calon yang dianggap bisa memimpin, tapi setelah menyaksikan debat sekitar dua jam, pilihannya nanti saat pencoblosan bisa saja berubah.

"Ada debat bagus karena kita jadi lihat mereka langsung kan. Saya awalnya jagoin yang A, tapi sekarang bisa berubah ke yang B atau C. Yang saya jagoan di awal kayanya kurang pas debat kemarin," ungkap Setia.

3. suara swing voters paling dicari dalam setiap debat

Gen Z-Millennial Bandung Harap Debat Capres-Cawapres Lebih MenarikIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Debat capres-cawapres perdana yang diselenggarakan di Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) berlangsung sengit, Selasa (12/12/2023). Ketiga capres saling menyerang dengan gagasan dan argumennya. 

Di sisi lain, debat Pilpres 2024 ini akan memberikan dampak atau efek bagi pemilih mengambang (swing voter). Sebab, visi misi, gagasan, hingga komitmen kandidat menjadi referensi bagi pemilih untuk menentukan pilihan mereka.

Peneliti senior lembaga survei Indikator Politik Indonesia, Rizka Halida, mengatakan, debat capres-cawapres akan memengaruhi calon pemilih, khususnya pemilih kalangan terdidik. Lantas siapa capres yang paling unggul pada debat capres pertama?

Rizka menilai secara garis besar capres nomor urut 1 Anies Baswedan lebih menguasai panggung pada debat capres perdana, ketimbang dua capres pesaingnya, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

"Anies. Dari penyampaian visi di awal udah setting the stage sebagai penantang. Ganjar bagus, tapi gaya berpikirnya induktif, sehingga kita perlu mikir dulu untuk nangkap kesimpulannya apa," kata dia kepada IDN Times, Rabu (13/12/2023).

Sementara, Prabowo punya titik lemahnya di bidang HAM dan demokrasi, sehingga menjadi incaran Anies maupun Ganjar untuk menyerang.

"Untuk isu demokrasi dan HAM ini, Parbowo Subianto paling banyak titik lemahnya, disikat sama Anies dan Ganjar," ujar dosen Universitas Indonesia (UI) itu.

Baca Juga: Relawan Prabowo-Gibran di Jabar Ramaikan Nobar Debat Perdana

Baca Juga: Anies Serang Prabowo soal Oposisi, NasDem: Itu Spontan dan Fakta!

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya