Relawan Prabowo-Gibran di Jabar Ramaikan Nobar Debat Perdana

Mereka kompak berseragam biru muda

Bandung, IDN Times - Relawan pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menggelar nonton bareng (nobar) debat perdana Capres yang diselenggarakan KPU RI pada Selasa (12/12/2023) malam.

Di Jawa Barat, acara nobar digelar di Sekretariat Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran di Jalan Riau, Kota Bandung. Sejak pukul 19.00 WIB, puluhan relawan berkumpul untuk menyaksikan debat perdana ini.

Relawan dari berbagai kalangan masyarakat datang dengan memakai pakaian berwarna biru muda, yang jadi warna khas dari pasangan Prabowo-Gibran.

Selain relawan, nobar ini juga dihadiri sejumlah tokoh seperti Desy Ratnasari, Syahrul Gunawan dan elite parpol pengusung Koalisi Indonesia Maju tingkat Jawa Barat.

1. Nobar dilakukan di seluruh daerah

Relawan Prabowo-Gibran di Jabar Ramaikan Nobar Debat PerdanaIDN Times/Debbie Sutrisno

Sekertaris TKD Jabar Bucky Wibawa menuturkan, nobar debat pertama ini dilakukan serentak oleh TKD Jabar di 27 kabupaten/kota.

"Malam ini seperti yang sudah diagendakan bahwa kami akan melaksanakan nonton bareng secara serentak di 27 kabupaten kota," kata Bucky sebelum menyaksikan debat.

2. Optimistis menang suara di Jabar

Relawan Prabowo-Gibran di Jabar Ramaikan Nobar Debat PerdanaCalon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto saat menghadiri debat capres di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Bucky menuturkan, TKD Jabar sangat yakin Prabowo-Gibran bisa menang satu putaran pada Pilpres 2024 mendatang. Dia juga menegaskan, Jabar masih akan jadi lumbung suara bagi pasangan nomor urut 02 tersebut.

"Kami juga sudah melakukan rapat mingguan dan kami yakin Jabar tetap akan mendukung maksimal Prabowo dan survei menunjukkan pak prabowo masih tetap akan leading di Jabar," tutur Bucky.

3. Ada enam segmen dalam debat hari ini

Relawan Prabowo-Gibran di Jabar Ramaikan Nobar Debat PerdanaCapres nomor urut 1, Anies Baswedan, saat menyalami seluruh elite parpol peserta Pemilu 2024 (IDN Times / Yosafat Bayu Adi Wisesa)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan durasi debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) akan digelar selama 120 menit.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari, menuturkan, total acara debat akan berlangsung selama 150 menit. Namun waktu bersih jalannya debat hanya 120 menit karena dipotong jeda di setiap sesinya.

"Totalnya 150 menit, untuk debatnya 120 menit, dibagi enam segmen dan di antara segmen ada jeda iklan waktunya kurang lebih lima menit," kata Hasyim dalam konferensi pers di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2023).

Sementara itu, Anggota KPU, August Mellaz, menjelaskan, dalam sekali debat yang akan berlangsung terdapat enam segmen.

"Segmen pertama pembukaan pembacaan tata tertib, penyampaian visi misi program kerja. Segmen kedua dan ketiga pendalaman visi misi dan program kerja, misalnya akan ada pertanyaan dan interaksi di antara paslon dengan paslon lain," ucap dia.

Sementara itu, segmen kelima berupa tanya jawab dan tanggapan dari setiap paslon, nantinya dalam segmen ini akan ada interaksi tanggapan dan saling melontarkan pertanyaan dari paslon.

"Kemudian segmen keenam penutup," tuturnya.

Baca Juga: Format Debat Pilpres Berubah, Saat Debat Cawapres Didampingi Capres

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya