Ganjar Ajak Kader Menangkan Suara Rakyat di Jawa Barat

Dalam dua Pemilu, Banteng Merah selalu kalah di provinsi ini

Bandung, IDN Times - Bakal calon presiden yang diusung PDI-Perjuangan, Ganjar Pranowo, melakukan konsolidasi dengan ribuan kader partai yang ada di Kota Bandung dan sekitarnya. Dalam pertemuan ini, Ganjar meminta seluruh anggota partai agar bisa memenangkan pemilihan umum khususnya presiden dan wakil presiden pada 2024.

Keinginan tersebut muncul berkaca dari pemilihan presiden (Pilpres) pada 2014 dan 2019 di mana saat itu suara Joko Widodo (Jokowi) yang diusung PDI-Perjuangan sangat jauh tertinggal oleh persaingnya, Prabowo Subianto. Padahal suara di Jabar ini sangat tinggi dan salah satu penentu kemenangan dalam setiap Pilpres.

Dalam paparannya, Ganjar pun memperlihatkan dua warga berbeda, yaitu biru dan merah. Dan dalam dua kali Pilpres, warna merah tidak mendominasi di Jawa Barat.

"Ini jadi PR (pekerjaan rumah) kita. Ini tidak sulit hanya cerita mengganti warna saja. Cuman akan ada keringat yang tertumpah, ada keluarga yang ditinggalkan, ada harta yang harus dikeluarkan," kata Ganjar di Bandung, Minggu (14/5/2023).

1. Rajin turun ke warga dan cari solusi permasalahan mereka

Ganjar Ajak Kader Menangkan Suara Rakyat di Jawa BaratIDN Times/Debbie Sutrisno

Ganjar pun meminta para kader untuk bisa turun ke lapangan dan mencari cara bagaimana agar masyarakat bisa memberikan suara untuk PDI-Perjuangan, khususnya dia yang berencana mencalonkan diri sebagai calon presiden pada Pilpres 2024. Termasuk berkomunikasi dengan para tokoh yang ada di setiap daerah sampai ke per kecamatan, kelurahan, dan desa.

Pendekatan seperti ini harus bisa dilakukan. Kader wajib mencarikan solusi bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan.

"Saya mohon betul diajari agar kelak bisa masuk ke wilayah ini (biru). Saya harus tahu daerah mana yang memang bisa ada progres. Maka harus tahu apa yang bisa diubah di sini," kata dia.

2. Harap agenda kegiatan di daerah tepat sasaran raup suara rakyat

Ganjar Ajak Kader Menangkan Suara Rakyat di Jawa BaratIDN Times/Debbie Sutrisno

Ganjar mengaku ingin menemui sejumlah tokoh masyarakat di beberapa daerah di Jawa Barat. Melalui koneksi dari PDIP Jabar, ia pun menginginkan agenda kunjungannya itu nantinya tepat sasaran untuk kepentingan Pemilu 2024 mendatang.

"Seandainya ada yang sudah banyak mau menggaide, saya harap tidak ada yg kekeliruan itu. Dan kita mengetuk pintu yang benar dengan cara yg benar, dan simpati itu akan kita dapat," ucap Ganjar disambut riuh tepuk tangan kader PDIP Jabar.

3. Jangan ada SARA selama pemilu

Ganjar Ajak Kader Menangkan Suara Rakyat di Jawa BaratIlustrasi Anti SARA (IDN Times/Mardya Shakti)

Di hadapan kader PDIP Jawa Barat, Ganjar sudah berkomitmen bakal menerapkan politik yang sehat. Ia sudah menekankan ke semua pendukungnya supaya tidak menyebar hoax ataupun berbicara masalah SARA.

"Kemarin saya sampaikan kepada para relawan, pendukung Ganjar Pranowo tidak boleh ngomong hoax. Pendukung ganjar tidak boleh bicara SARA, dan kita menjaga itu. Dan kalau ada yang salah kita, koreksi. Kita jaga kondusifitas ini agar berjalan baik," ucapnya.

Baca Juga: Ganjar Lari Pagi di Bandung, Bakal Napak Tilas Peninggalan Soekarno

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya