Dua Korban Kecelakaan Bus di Sumedang Masih Dirawat Intensif

Masih ada 14 korban jalani perawatan di RSUD Sumedang

Bandung, IDN Times - Dua orang korban kecelakaan bus yang terjadi di jalur altenatif Wado-Malangbong, Kabupaten Sumedang, masih menjalani perawatan secara intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang.

Humas RSUD Sumedang Dahlan mengatakan, dua korban tersebut masih dirawat di ruang ICU. Kondisinya kedua orang tersebut, masih kurang stabil hingga memerlukan pengawasan ketat.

"Masih dalam pengawasan ketat, kemari sore sempat ada penurunan, mudah-mudahan hari ini berangsur membaik," kata Dahlan saat dihubungi dari Bandung, Minggu (14/3/2021).

1. Total ada enam orang jalani perawatan khusus

Dua Korban Kecelakaan Bus di Sumedang Masih Dirawat IntensifPetugas mengevakuasi korban kecelakaan bus PO Sri Padma Kencana di Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu (10/3/2021). Hingga Rabu (10/3) malam (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Menurutnya sejauh ini masih ada enam orang yang menjalani perawatan khusus. Selain dua orang yang dirawat di ICU, ada empat orang korban lainnya yang dirawat di ruang HCU dengan kondisi yang relatif membaik.

"Yang dirawat di HCU itu semuanya sudah sadar, hanya saja mereka masih memerlukan perawatan," katanya.

2. Sisa 14 orang dirawat di RSUD Sumedang

Dua Korban Kecelakaan Bus di Sumedang Masih Dirawat IntensifPetugas mengevakuasi jenazah korban kecelakaan bus PO Sri Padma Kencana di Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis (11/3/2021) dini hari (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Adapun jumlah korban yang masih dirawat di RSUD Sumedang yakni sebanyak 14 orang, dengan rincian dua orang dirawat di ruang ICU, empat orang dirawat di ruang HCU, dan delapan orang lainnya dirawat di ruang perawatan biasa.

Dahlan mengatakan, delapan orang yang dirawat di ruang perawatan biasa itu kondisinya semakin membaik. Menurutnya dalam waktu dekat para korban tersebut bisa pulang ke rumahnya dalam kondisi sehat.

"Semuanya dalam kondisi yang stabil, mudah-mudahan Senin (15/3) bisa pulang," kata dia.

3. Seluruh biaya perawatan pasien dibebaskan

Dua Korban Kecelakaan Bus di Sumedang Masih Dirawat IntensifKecelakaan bus di Wado, Sumedang (IDN Times/Azzis Z.)

Selain itu, menurutnya seluruh biaya perawatan korban kecelakaan maut bus di Sumedang itu sudah ditanggung oleh Jasa Raharja.

Namun apabila biaya tanggungan itu tidak mencukupi karena berbagai hal yang memerlukan perawatan khusus, menurutnya Pemerintah Kabupaten Subang sudah bersedia untuk menanggung biaya tambahan tersebut untuk para korban.

"Waktu hari pertama setelah kecelakaan, Pemkab Subang telah menghubungi kami, mereka mengatakan kalau para korban akan menggunakan dana dari Pemda," katanya.

Baca Juga: Imbas Kecelakaan, Kendaraan Besar Dilarang Lintasi Jalanan Wado

Baca Juga: Intip 5 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Berlibur ke Sumedang 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya