Dua ABK MV Barokah Meninggal Dunia, 15 Nelayan Masih Dicari 

Dua kapal nelayan tabrakan di perairan Indramayu

Bandung, IDN Times - Tim SAR gabungan berhasil menemukan dua anak buah kapal (ABK) MV Barokah yang tenggelam di perairan Indramayu, Minggu(4/4/2021). Dua orang tersebut merupakan bagian dari 17 ABK yang sempat hilang akibat tabrakan kapal pada Kamis(3/4/2021).

Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansah mengatakan, mulai pagi ini pencarian terhadap 17 ABK MV Barokah Jaya akan dilakukan dengan membagi area pencarian menjadi tiga.

SRU pertama akan dilakukan penyisiran oleh KN SAR 103 WISNU dengan luas area pencarian hingga radius 26.5 NM2 di sekitar area kejadian, SRU kedua akan dilakukan penyisiran oleh KM Baru Regem dengan luas area pencarian hingga radius 26.5 NM2 di sekitar area kejadian, dan SRU ketiga akan dilakukan penyisiran oleh RIB 01 Bandung dengan luas area pencarian hingga radius 19.6 NM2 di sekitar area kejadian.

"Kurang lebih ratusan personil SAR gabungan dengan sarana serta alat utama sudah dikerahkan secara maksimal untuk melakukan pencarian terhadap korban yang masih belum ditemukan hingga pagi ini, kami berharap korban segera kita temukan." tegas Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah.

Baca Juga: [BREAKING] Kapal Nelayan Tabrakan, 17 ABK Hilang di Perairan Indramayu 

Baca Juga: Nelayan Kodingareng Rugi Rp80,4 Miliar karena Penambangan Pasir Laut

1. Dua korban ditemukan pagi tadi

Dua ABK MV Barokah Meninggal Dunia, 15 Nelayan Masih Dicari IDN Times/SAR Bandung

Deden mengatakan, setelah melakukan pencarian di tiga titik, sekitar pada pukul 07.00  dan 08.00WIB, petugas gabungan menemukan dua korban dalam kondisi meninggal dunia. Dua korban merupakan ABK yang sempat dinyatakan hilang setelah kapal mereka mengalami tabrakan di perairan Indramayu.

"Dua korban berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal dunia dan 15 orang ditemukan dalam keadaan selamat dan selanjutnya korban ini rencana akan dibawa menuju RS Bhayangkara Indramayu," kata dia.

2. Korban ditemukan 50 meter dari lokasi kejadian

Dua ABK MV Barokah Meninggal Dunia, 15 Nelayan Masih Dicari IDN Times/SAR Bandung

Dua korban yang ditemukan meninggal dunia yang pertama pada pukul 07.00 WIB tersangkut di jaring dan satu korban lainnya pada pukul 08.00 WIB ditemukan di kapal MV Barokah Jaya yang jaraknya 50 Meter dari MV Habco Pioneer.

"Hingga saat ini Tim BSG telah memastikan bahwa di LKP tidak ada lagi korban yang ada di dalam MV Barokah Jaya," kata Deden.

3. Berikut 15 data korban yang masih dalam pencarian

Dua ABK MV Barokah Meninggal Dunia, 15 Nelayan Masih Dicari IDN Times/SAR Bandung

Operasi SAR gabungan melibatkan beberapa personil yang terdiri dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung, Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Basarnas Special Group (BSG), Satpol Air Polres Cirebon, Lanal Cirebon, UPP Indramayu, dan HNSI Indramayu.

Berikut adalah data-data 15 ABK MV Barokah Jaya yang selamat :
1. Supriyanto (43) KKM
2. Asep (39)
3. Amran (15)
4. Udin (60)
5. Onyun (14)
6. Hanip (14)
7. Renal (13)
8. Reyhan (16)
9. Feri (18)
10. Onyun/Radi (14)
11. Eriyanto (16)
12. Tarjo Cipir (45)
13. Yudi (18)
14. Agus (40)
15. Tatang (35)

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya