DPRD: Rencana Pembanguan TPST di Cicabe Bandung Dihentikan

Mari kurangi sampah mulai dari rumah kalian

Bandung, IDN Times - Rencana Pemerintah Kota Bandung untuk membangun Tempat Pembungan Sampah Terpadu (TPST) di sekitar Cicabe, Kelurahan Jatihandap, Kecamatan Mandalajati akhirnya dibatalkan. Informasi itu disampaikan langsung dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung dalam pertemuan antara perwakilan warga komplek City Garden Residence (CGR), Komisi C DPRD Kota Bandung, Dinas Ciptabintar Kota Bandung, Bagian hukum, Lurah dan Camat, Senin(4/9/2023).

Ketua Komisi C DPRD Kota Bandung, Yudi Cahyadi mengatakan, informasi penghentian rencana pembangunan TPST itu berdasarkan update dari kementerian PUPR yang membatalkan pembangunan TPST tersebut. 

"Sudah disampaikan informasi, ada informasi update dari kementerian PUPR bahwa rencana pembangunan TPST ini informasinya dibatalkan, informasinya langsung dari DLH tadi yang menyampaikan," kata Yudi dalam rapat dengan dengan warga Cicabe, Senin (4/9/2023).

1. Pastikan setiap pembangunan proyek pemkot dikawal DPRD

DPRD: Rencana Pembanguan TPST di Cicabe Bandung DihentikanDokumen IDN Times

Yudi tak menampik, salah satu alasan batalnya pembangunan TPST Cicabe adalah terkait dengan adanya dinamika dari masyarakat. Untuk itu legislator terus berkomitmen mengawal pembangunan yang bersentuhan dan berdampak kepada warga Kota Bandung.

"Masyarakat tidak usah khawatir, karena pembangunan tidak ujug-ujug. Pemerintah juga harus memberikan keteladanan bagaimana menciptakan proses pembangunan secara kondusif ramah lingkungan, mengutamakan kepentingan masyarakat terutama keselamatan masyarakat," ujarnya

Meski begitu, Yudi mengimbau kepada masyarakat untuk menjadi status darurat sampah sebagai peringatan akan pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan ramah lingkungan. Diperlukan kesadaran dan kedisiplinan dari setiap elemen masyarakat agar sampah tidak menjadi persoalan yang terus berulang.

"Gawat darurat sampah ini menjadi momentum stakeholder untuk bisa menyelesaikan bersama, dengan cara pengelolaan mandiri secara mandiri, setidaknya untuk mereduksi," pungkasnya.

2. Warga Cicabe nilai banyak dampak buruk ketika TPST dibangun di kawasannya

DPRD: Rencana Pembanguan TPST di Cicabe Bandung DihentikanDokumen IDN Times

Sementara itu, Perwakilan warga komplek CGR, Roni Farfian mengapresiasi langkah pemerintah untuk menghentikan pembangunan TPST Cicabe. Menurutnya, warga sekitar menilai banyak dampak dari aktivitas TPST terhadap masyarakat, mulai dari dampak sosial maupun potensi bencana.

"Kami menolak bukan terkait dengan pengelolaan sampahnya, tetapi posisi dari TPST itu yang rawan dari segi struktur, geologi teknik dalam arti kelongsoran tebing itu sangat tinggi. Dengan terbatalkan (TPST) kami merasa aman," kata Roni.

Roni menegaskan, warga CGR telah sepakat untuk menjadi momentum kedaruratan sampah ini sebagai langkah untuk melakukan pengelolaan sampah secara lebih efektif. Sejumlah rencana telah dijadikan opsi untuk pengelolaan sampah di wilayah setempat.

"Kami mendatangkan expert di bidang pengelolaan sampah, kemudian tersampaikan tata caranya dan ini akan kami realisasikan di komplek kami.Ada beberapa cara nanti detailnya akan kami sampaikan baik secara praktisi maupun akademisi mudah-mudahan warga kami bisa menyumbang paling tidak mereduksi beban sampah di Kota Bandung," pungkasnya.

3. Harap ada surat resmi terkait penghentian rencana pembangunan TPST

DPRD: Rencana Pembanguan TPST di Cicabe Bandung DihentikanPemkot Bandung menyiapkan lahan TPA sementara di daerah Cicabe. Dok. Humas Kota Bandung

Sementara itu, Kuasa hukum warga CGR, Faisal M Yusuf Nasution mengatakan, para warga mengapresiasi langkah pemerintah untuk menghentikan pembangunan TPST Cicabe sebari menunggu surat resmi penghentian pembangunan TPST Cicabe.

"Pada intinya kami tetap beracu pada surat, keluarkan suratnya, keputusannya, jangan hanya di mulut saja, nanti malam atau besok-besok tetap melakukan pembangunan. Jadi kami minta surat untuk menghentikan itu," kata Faisal.

Faisal menegaskan, ada sejumlah alasan TPST Cicabe tidak bisa dibangun oleh pemerintah. Mulai dari melanggar Perda Kota Bandung hingga potensi bencana longsor, apalagi TPST Cicabe akan dibangun pada lahan yang berstatus sengketa.

 

Baca Juga: TPS Cicabe Dipastikan Tak Jadi Tempat Darurat Pembuangan Sampah

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya