Doakan Wali Kota Bandung, Ratusan Orang Salatkan Almarhum Mang Oded di Pendopo

Ridwan Kamil hingga Jusuf Kalla hadir

Bandung, IDN Times - Suasana haru terlihat jelas di Pendopo Bandung, rumah dinas Wali Kota Bandung Oded M Danial. Ratusan orang hilir mudik memadati pendopo untuk melihat dan ikut mensalatkan almarhum Oded M Danial.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla bahkan datang dan ikut dalam rombongan pertama yang mensalatkan almarhum Oded. Usai itu, puluhan orang lainnya bergantian salat jenazah dan mendoakan yang terbaik bagi Oded.

Sementara itu, istri Oded, Siti Muntamah, tak bisa membendung kesedihannya. Di keliling orang terdekat, dia tampak menyambut siapapun yang memberikan doa bagi Oded. Mulai dari sanak saudara, kolega, hingga masyarakat yang sengaja datang ke Pendopo.

1. Jezanah akan dikebumikan di Tasikmalaya

Doakan Wali Kota Bandung, Ratusan Orang Salatkan Almarhum Mang Oded di PendopoRidwan Kamil dan pejabat di Kota Bandung datangi rumah duka alm. Oded M. Danial pada Jumat (10/12/2021). (IDN Times/Yogi Pasha)

Oded saat ini memang menjabat sebagai Wali Kota Bandung. Namun sejatinya dia adalah warga Tasikmalaya. Kota tersebut menjadi tanah kelahiran Oded pada 1962.

Untuk itu, keluarga pun sepakat memakamkan Oded di Tasikmalaya. Namun, sebelumnya jenazah ini akan lebih dulu di bawa ke Masjid Raya Bandung agar bisa disalatkan oleh masyarakat sekitar.

2. Ridwan Kamil bersaksi Oded orang yang baik

Doakan Wali Kota Bandung, Ratusan Orang Salatkan Almarhum Mang Oded di PendopoRidwan Kamil dan pejabat di Kota Bandung datangi rumah duka alm. Oded M. Danial pada Jumat (10/12/2021). (IDN Times/Yogi Pasha)

Gubernur Jabar Ridwan Kamil sangat kehilangan Oded. Sebab, keduanya sempat menjadi orang nomor satu di Bandung sebagai pasangan wali kota dan wakil wali kota.

"Saya lima tahun bersama sebagai sahabat menyaksikan kebaikan dan kesalehan almarhum dan sangat kehilangan. Dan saya meyakini Insya Allah khusnul khatimah dan keluarga Umi dan anak-anaknya mudah-mudahan diberikan kesabaran dan kekuatan," kata dia, Rabu (10/12/2021).

Dia mengatakan, meninggalnya Oded di hari Jumat menjadi penanda bahwa dia adalah orang baik. Apalagi Oded meninggal sesaat sebelum menjadi khatib Salat Jumat.

3. Oded sudah seperti orang tua kami

Doakan Wali Kota Bandung, Ratusan Orang Salatkan Almarhum Mang Oded di PendopoIDN Times/Humas Bandung

Emil mengatakan, Oded kerap memberikan berbagai nasihat bukan hanya kepadanya tapi juga masyarakat kota Bandung. Dia layaknya orang tua yang mengajak anaknya atau orang lebih muda untuk berbuat baik selama hidup.

"Jadi 90 persen kebersamaan dalam nasihat. Makanya Allah berikan kelancaran. Saya Gubernur beliau wali kota karena dua-duanya saling mendukung dan menghormati," pungkas Emil.

Baca Juga: [BREAKING] Innalillahi Wali Kota Bandung Oded M Danial Meninggal Dunia

Baca Juga: Wali Kota Bandung Oded M Danial Wafat, Ridwan Kamil Kirim Doa

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya