Wali Kota Bandung Oded M Danial Wafat, Ridwan Kamil Kirim Doa

Oded sempat menjadi Wakil Wali Kota Bandung bersama Emil

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya Wali Kota Bandung, Oded M. Danial di Masjid Muhammadiyah, Kota Bandung, Jumat (10/12/2021).

Sosok Oded di mata Emil bukanlah sebagai patner dalam bekerja di pemerintahan. Oded bagi Emil merupakan sahabat yang sudah membawanya menjadi Wali Kota Bandung pada 2013-2018.

"Telah berpulang sahabat terbaik saya, Wali Kota Bandung KH Oded M Danial. Almarhum berpulang saat melaksanakan Salat Tahiyatul Masjid menjelang tugasnya menjadi Khatib Jumat," ujar Emil dalam postingan Instagramnya.

1. Emil kenang semua perjuangan saat menjadi Wali Kota Bandung bersama Oded M. Danial

Wali Kota Bandung Oded M Danial Wafat, Ridwan Kamil Kirim DoaRidwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Emil sempat memimpin Kota Bandung bersama Oded M. Danial selama satu periode. Setelah itu, Oded M. Danial mencalonkan diri dengan Yana Mulyana yang merupakan kader dari Partai Gerindra. Keduanya terpilih menjadi pemenang Pilkda pada 2018.

"Rasa duka cita yang sangat mendalam atas kepulangan almarhum. Insyaallah husnul khatimah dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan kesabaran," katanya.

Banyak kenangan dan pelajaran yang diambil oleh Emil selama memimpin bersama almarhum. Emil juga kenang sejumlah momen di instagramnya saat keduanya maju dalam Pilkada Wali Kota Bandung 2013.

"Kami lima tahun bersama dalam suka duka membangun Bandung, sungguh saya bersaksi atas keshalehan dan kemuliaan ahlak almarhum. Teladan kami semua. Doa dari kami semua," kata dia.

2. Oded sempat pingsan di Masjid Muhammadiyah

Wali Kota Bandung Oded M Danial Wafat, Ridwan Kamil Kirim DoaWali Kota Oded M. Danial (IDN Times/Istimewa)

Sebelumnya, Wali Kota Bandung Oded M. Danial meninggal dunia, Jumat (10/12/2021). Sebelum dikabarkan meninggal dunia, Oded sempat pingsan di Masjid Muhammadiyah, Kota Bandung.

"Inalilahiwainnailaihi Raajiun semoga almarhum diberikan tempat terbaik disisinta amiin," ujar Kabag Humas Pemkot Bandung, Sonny, kepada wartawan Rabu (11/12/2021).

3. Oded sempat di bawa ke RS Muhammadiyah

Wali Kota Bandung Oded M Danial Wafat, Ridwan Kamil Kirim DoaWali Kota Oded M. Danial (IDN Times/Istimewa)

Hingga saat ini belum diketahui jelas apa menyababkan Oded meninggal dunia. Namun, dari informasi yang dihimpun, Oded sempat pingsan ketika berada di Masjid Muhammadiyah. Saat ini almarhum dilarikan ke Rumah Sakit Muhammadiyah.

Oded merupakan politikus yang sekarang menjabat sebagai Wali Kota Bandung periode 2018 - 2023, didampingi Yana Mulyana sebagai wakilnya. Sebelumnya dia adalah wakil Wali Kota Bandung periode 2013 - 2018 mendampingi Ridwan Kamil.

Sebelum menjadi wakil wali kota, dia merupakan Anggota DPRD Kota Bandung untuk periode 2004-2009, sekaligus sebagai Ketua DPD PKS Kota Bandung.

Baca Juga: Walkot Oded Wafat, PKS Kehilangan Sosok Panutannya

Baca Juga: Mang Oded, Wali Kota Bandung yang Sempat Jadi Anak Buah Bj Habibie

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya