Belum Ada Warga Kota Bandung Terpapar COVID Varian Omicron

Sudah ada puluhan orang terpapar di Jabar

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung memastikan hingga Senin(10/1/2022) belum ada warganya yang terinfeksi virus COVID-19 varian Omicron dan menjalani perawatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Ahyani mengatakan, rapat terakhir pemangku kebijakan, sejumlah orang yang terpapar virus tersebut di Jawa Barat tak ada satupun dari Bandung.

"Tidak ada kota Bandung. Tapi kita tetap harus waspada, tidak panik," ujar Ahyani saat dihubungi IDN Times, Senin (10/1/2022).

1. Jangan lakukan aktivitas berlebihan di kala pandemik

Belum Ada Warga Kota Bandung Terpapar COVID Varian OmicronPexels.com/Skitterphoto

Ahyani pun mengajak masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi jika belum. Kegiatan pun tetap harus dikurangi khususnya yang bisa menimbulkan kerumunan.

"Tahan mobilitas dan interaksi yang tidak perlu. Semua waspada jangan panik," kata dia.

2. Ada lima pasien Omicron dirawat di RS Al Ihsan

Belum Ada Warga Kota Bandung Terpapar COVID Varian Omicronilustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Virus COVID-19 varian Omicron terdeteksi di Kabupaten Bandung. Ada lima pasein yang terpapar varian Omicron tersebut, dan kini kondisinya dalam perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Al Ihsan, Baleendah, Kabupaten Bandung.

Direktur Utama (Dirut) RSUD Al Ihsan Dewi Basmala membenarkan hal tersebut. Ia mengakui bahwa di RSUD Al Ihsan kini telah merawat sejumlah pasein COVID-19 yang terpapar varian Omicron.

"Iya betul sudah ada pasien terpapar varian Omicron", ujar Dewi Basmala.

3. Sejumlah pekerja migran yang pulang dari Timur Tengah pun ikut terpapar

Belum Ada Warga Kota Bandung Terpapar COVID Varian OmicronIlustrasi seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) mengikuti Rapid Test COVID-19 (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Sebanyak sembilan orang pekerja migran Indonesia (PMI) Timur Tengah dinyatakan positif COVID-19 Varian Omicron. Mereka dinyatakan terinfeksi setelah pulang ke Indonesia dan melalui pemeriksaan di laboratorium di Kota Depok,

R. Nina Susana Dewi, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat (Jabar) mengatakan, kasus temuan Omicron pada warga Jabar ini dilaporkan dari pemeriksaan screening pada perusahaan penyalur PMI, sebanyak 20 sampel dikirim ke laboratorium kementrian kesehatan di Kota Depok.

"Dari pemeriksaan itu, satu orang di antaranya orang Indramayu," ujar Nina saat dihubungi, Rabu (5/1/2022).

Baca Juga: Pasien Omicron di RSUD Al Ihsan Terpapar Setelah Pulang dari Afrika

Baca Juga: [BREAKING] Sudah Masuk Kabupaten Bandung, RSUD Al Ihsan Rawat 7 Pasien Omicron

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya