Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Sabu dari Malaysia Lewat Kantor Pos 

Ada 6 tersangka yang ditangkap dalam penyelundupan ini

Bandung, IDN Times - Petugas Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Bandung dan Kanwil Bea Cukai Jabar berhasil mengagalkan rencana penyelundupan narkotika jenis sabut yang dikirim dari Malaysia menuju Sukabumi. Total ada sabu seberat 90 gram yang dimasukkan dalam amplop berwarna coklat.

Kepala Kantor Bea Cukai Bandung Dwiyono Widodo mengatakan, penggagalan ini bermula dari analisa dokumen manifest dan hasil pemindaian mesin X-ray.

"Dalam hasil tersebut, ditemukan sebuah paket barang kiriman dari Malaysia dengan tujuan Sukabumi. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan menggunakan anjing pelacak K9 yang menunjukkan ketertarikan terhadap paket tersebut," ujar Dwiyono dalam keterangannya dikutip Minggu (31/10/2021).

1. Ada juga barang yang disimpan di dalam celana jeans

Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Sabu dari Malaysia Lewat Kantor Pos IDN Times/Istimewa

Dari hasil analisa dokumen hingga anjing pelacak, petugas kemudian melakukan pemeriksaan secara mendalam. Saat dibuka, ditemukan sebuah amplop berwarna cokelat.

"Berisi bungkus plastik kristal berwarna putih yang disembunyikan di dalam kantong celana jeans. Petugas kemudian melakukan pengujian menggunakan alat narcotest dan kedapatan diduga positif Methamphetamine," kata dia.

2. Uji sampel pastikan positif methamphetamine

Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Sabu dari Malaysia Lewat Kantor Pos IDN Times/Istimewa

Tak sampai di situ, pihaknya memastikan dengan melakukan uji sampel laboratorium di Bea dan cukai Bandung. "Dari hasil uji lab itu, diketahui bila benar positif methamphetamine," ucapnya.

3. Sudah ada enam orang yang diamankan

Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Sabu dari Malaysia Lewat Kantor Pos IDN Times/Istimewa

Pihaknya jug telah berkoordinasi dengan Polresta Sukabumi untuk mengecek alamat tujuan. Dari hasil penyelidikan Polisi, kata dia, diketahui sudah ada enam orang yang terlibat dan ditemukan barang bukti lainnya

"Ada 16 bungkus kecil sabu-sabu," ujarnya.

Baca Juga: Pelajar di Karawang Marak Konsumsi Air Rebusan Pembalut untuk Mabuk

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya