Bandung Darurat Sampah, Pemkot Buat TPS Sementara dekat Stadion GBLA 

Pembuangan sampah ke area inj dilakukan mulai akhir pekan

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan memanfaatkan lahan seluas 25 hektare di kawasan Gedebage sebagai tempat pembuangan sampah sementara (TPS). Lokasi tersebut merupakan lahan yang sebelumnya sempat direncanakan menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

Lahan ini tepatnya terletak di seputaran Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), di Jalan Pendamping Tol (Arah Babakan Sayang) Kelurahan Rancanumpang, Kecamatan Gedebage.

"Kami ada lahan di sini 25 hektare milik Pemkot. Ini akan jadi lokasi tempat penampungan sementara," ujarnya, Rabu (6/9/2023).

1. Sulit cari lokasi alternatif untuk membuang sampah

Bandung Darurat Sampah, Pemkot Buat TPS Sementara dekat Stadion GBLA Dok. Humas Pemkot Bandung

Ema mengungkapkan, saat ini Kota Bandung masih kesulitan untuk mencari lokasi pembuangan sampah. Hal itu terjadi karena kondisi tempat pembuangan akhir (TPA) Sarimukti di Kabupaten Bandung Barat masih terjadi kebakaran

"Darurat sampah masih berlaku, dan kita bicara ideal TPA Sarimuki itu tidak seperti apa yang kita bayangkan. Hingga kemarin (Selasa 5 September 2023) asap masih pekat (di TPA Sarimukti). Pembakaran itu masih ada, karena kedalaman sampah 50 meter," ungkap Ema.

Penghentian pembuangan sampah ke sana membuat rotasi truk berkurang dari biasanya 241 kali per hari menjadi hanya 89 kali. Kondisi ini membuat sampah setiap harinya bertambah 600 ton hingga 700 ton di seluruh TPS Kota Bandung dan tidak terangkut ke Sarimukti.

2. Mari kurangi sampah dari rumah dengan memilihnya lebih dulu

Bandung Darurat Sampah, Pemkot Buat TPS Sementara dekat Stadion GBLA pilah sampah sesuai kategori (Unsplash.com/NareetaMartin)

Ia menerangkan, skema di tempat yang akan dijakdikan TPS sementara, tidak dikubur seperti di Tegalega, tapi di buang seperti biasa.

"Lahan yang digunakan ini dua hektare. Rencana satu sampai dua hari pengerjaan lahan ini akan selesai, jadi setelah itu sampah bisa dibuang ke sini," ujarnya.

Sebelumnya, Pemkot Bandung pun telah membuat TPS Sementara di Tegalega dan Pasir Baru. Meski sudah ada tempat sementara, Ema meminta para camat untuk mengedukasi masyarakat untuk memilah dan memilih sampah, juga melibatkan pemulung untuk memilih sampah anorganik.

3. Pembuangan sampah ke TPS ini mulai dilakukan akhir pekan

Bandung Darurat Sampah, Pemkot Buat TPS Sementara dekat Stadion GBLA Truk sampah milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandar Lampung terguling di lokasi tempat pembuangan sampah (TPS) sementara berada di Jalan Hanoman. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan dan Limbah B3 DLH Kota Bandung Salman Faruq mengatakan, sekeliling kawasan yang akan dijadikan TPS sementara akan dipasang pagar menggunakan bahan seng.

"Di sini tidak ada pohon yang ditebang, sekeliling ini akan ditutup. Kami mau mengukur luas yang akan di gunakan ini. Luasnya sekitar dua hektare," ungkapnya.

Rencananya, kegiatan pembuangan sampah akan dilakukan akhir pekan ini. Setelah pemasangan pagar rampung.

"Kami operasikan setelah siap, satu atau dua hari siap. Hari berikutnya Sabtu mulai bisa dibuang ke sini. Ini luasnya dua hektare, kerena bukan untuk pembuangan sampah saja, tapi kebutuhan manuver kendaraan," bebernya.

Baca Juga: Bumi Satimi, Gerakan Pilah Sampah Kaum Ibu Kujangsari Bandung

Baca Juga: Pengangkutan Sampah di Bandung Dibatasi, Yuk Lakukan Hal Ini di Rumah

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya