Badan Musyawarah Desa Jabar Dukung Ridwan Kamil Maju Pilpres 2024 

Elektabilitas Ridwan Kamil masuk lima besar

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diangkat menjadi Bapak Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Indonesia. Pengangkatan ini memicu para pengurus Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) mendorong Ridwan Kamil menjadi calon presiden pada Pilpres 2024.

Wakil Ketua Umum PABPDSI Supendi, mengatakan, dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan HUT Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia di Gedung Merdeka, Kota Bandung, beberapa waktu lalu, hampir semua BPD dari semua provinsi di Indonesia menginginkan Ridwan Kamil membangun desa-desa di Indonesia, bukan hanya Jabar.

"Dalam Rakernas yang dilaksanakan kemarin, seluruh peserta dari Indonesia, mengangkat Pak Gubernur Ridwan Kamil menjadi Bapak BPD Indonesia. Karena mereka melihat kinerja Gubernur Jabar yang luar biasa dengan adanya inovasi-inovasi," katanya melalui siaran pers dikutip IDN Times, Jumat (17/12/2021).

1. Emil dianggap bisa menggerakan kesejahteraan masyarakat pedesaan

Badan Musyawarah Desa Jabar Dukung Ridwan Kamil Maju Pilpres 2024 Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (IDN Times/Aryodamar)

Menurutnya, PABPDSI dan BPD dari seluruh Indonesia saat itu menginginkan pola pikir dan gagasan Emil dalam membangun desa diterapkan juga di seluruh Indonesia. Halyang menjadi pemicu pihaknya mendorong mantan Wali Kota Bandung tersebut untuk menjadi calon presiden.

"Kami ingin menggelorakan Indonesia Juara, bukan hanya Jabar Juara. Kita doakan Pak Ridwan Kamil bisa menggerakkan desa di Indonesia," kata Supendi yang juga Ketua Harian PABPDSI Jabar.

Ia mengatakan bersepakat beberapa hari ke depan, BPD di Jabar dan juga sebagai pengurus PABDSI akan mendeklarasikan Ridwan Kamil menjadi calon presiden RI.

2. Ide Ridwan Kamil harus bisa diakselerasi di tingkat nasional

Badan Musyawarah Desa Jabar Dukung Ridwan Kamil Maju Pilpres 2024 (Ilustrasi desa) ANTARA FOTO/Jojon

Sementara itu, Wakasekjen PABPDSI Karno mengatakan hal serupa. PABPDSI selama ini tidak terpikir untuk mendorong Emil menjadi calon presiden. Namun, dari pengangkatan Emil menjadi Bapak BPD Indonesia, menggugah BPD yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia untuk mendorongnya menjadi capres.

"Kami berpikir Pak Ridwan Kamil perlu mengubah Indonesia jadi lebih baik,  berawal dari desa. Kami dorong gimana dorong Indonesia juara dikomandoi Ridwan Kamil. Harus dirasakan manfaatnya di seluruh Indonesia," katanya.

3. Beberapa program Jabar memberi dampak baik untuk desa

Badan Musyawarah Desa Jabar Dukung Ridwan Kamil Maju Pilpres 2024 Ilustrasi pedesaan

Ia mencontohkan beberapa program di Jabar untuk pembangunan desa, dari mulai Petani Milenial, Satu Desa Satu Produk, dan Desa Digital. BPD di provinsi lain, katanya, menginginkan program-program inivatif seperti ini.

"Maka kami sepakat, di dalamnya sebagian besar BPD di Indonesia ingin dorong gerakan Indonesia Juara. Kita tentukan arah, mendorong beliau jadi Presiden RI," katanya.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Tidak Ada Penyekatan di Jalan Saat Malam Tahun Baru! 

Baca Juga: Tiga Kelompok Potensi Maju Pilpres 2024, 5 Tokoh Peluang Kuda Hitam

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya