Air Meluap dari Sungai Cikapundung Kolot, 500 Rumah Warga Terendam

Hati-hati ya wargi Bandung

Bandung, IDN Times - Hujan deras yang turun di Bandung membuat sejumlah wilayah terendam banjir dengan ketinggian bervariasi. Salah satunya terjadi di Kelurahan Gumuruh, Kecamatan Batununggal.

Ketua RT 04, RW 06, Sri Antin mengatakan, hujan deras ini membuat Sungai Cikapudung Kolot yang berada di belakang rumah warga meluap. Luapan ini berakibat pada banyaknya rumah terendam karena berada berbatasan dengan batas pondasi sungai.

"Ada sekitar 500 rumah yang terendam. Ada yang sepinggang ada juga yang hanya setinggi mata kaki," ujar Antin saat dihubungi, Senin (21/6/2021).

1. Sungai yang meluap baru terjadi lagi

Air Meluap dari Sungai Cikapundung Kolot, 500 Rumah Warga TerendamIDN Times/Istimewa

Dia mengatakan, luapan air dari Sungai Cikapundung Kolot tidak biasanya terjadi. Bahkan sejak awal tahun meski hujan deras tapi kawasan ini tetap aman karena pondasi yang dibuat memang tinggi.

Tapi hari ini baru kejadian air meluap. Bahkan tadi hampir menutupi jembatan Cikapundung Kolot yang biasanya tidak terjadi.

"Baru sekarang lagi ada air meluap. Biasanya ma ada banjir dikit karena kerusakan pondasi air tidak mengalir terus ada pengikisan. Nah kalau meluap baru sekarang nih," kata dia.

2. Warga belum mengungsi masih menunggu air surut

Air Meluap dari Sungai Cikapundung Kolot, 500 Rumah Warga TerendamIlustrasi Banjir. (IDN Times/Mardya Shakti)

Ani, sapaan akrabnya mengatakan bahwa warga sekitar masih belum mengungsi. Mereka biasanya menunggu sampai air surut baru membersihkan rumah sendiri. Jika memang keadaan sulit maka warga baru mengungsi.

"Sekarang masih ada juga yang terjebak di rumah. Jadi mereka mayoritas di rumah dulu sih," kata Ani.

3. BMKG sudah prediksi banjir akan diguyur hujan siang ini

Air Meluap dari Sungai Cikapundung Kolot, 500 Rumah Warga TerendamIlustrasi Suasana Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Bandung kembali diguyur hujan deras sekitar pukul 14.00 WIB. Hingga pukul 15.30 WIB hujan masih belum juga reda.

Hujan pun membuat banjir tejadi di sejumlah titik. Dari informasi yang dihimpun IDN Times, banjir terjadi di Jalan Jakarta, Jalan Cikadut, kawasan Gudang Utara, Jalan Supratman dan beberapa daerah lain.

Dampak banjir ini tim dari dinas kebakaran Kota Bandung pun mendapat laporan adanya warga yang terjebak banjir, di Jalan Jalan Asep berlian gang bunga 7 no. 107 RT 3 RW 15, Kelurahan Sukapura, Kecamatan Cibeunying Kidul.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memprakirakan bahwa pada siang hari di Bandung akan terjadi hujan berawan. Kemudian pada malam hari hingga dini hari akan berawan. Suhu udara di Bandung diperkirakan sekitar 19 - 31°C, dengan kelembahan udara: 65 - 95%

Baca Juga: Hujan Deras Guyur Kota Bandung, Banjir Cileuncang Dimana-mana

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya