27 Ribu Personel Gabungan Disiagakan untuk Kelancaran Mudik di Jabar

Berbagai sarana dan prasarana akan segera dibenahi

Bandung, IDN Times - Polda Jabar siap menerjunkan 27.537 personel gabungan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat yang hendak melaksanakan arus mudik Lebaran tahun ini. 

Persiapan arus mudik Lebaran ini dilakukan dalam konsep pengamanan dengan Sandi Operasi Ketupat Lodaya 2023. Kesiapan itu dilakukan dalam rapat koordinasi lintas sektoral yang berlangsung di Aula Dit Lantas Polda Jabar, Selasa(11/4/2023).

Kapolda Jabar Irjen Pol DR. Akhmad Wiyagus memimpin secara langsung pertemuan tersebut. Akhmad menuturkan, untuk mengantisipasi berbagai kerawanan, Polda Jabar telah menyiapkan konsep pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2023 yang dilaksanakan selama 14 hari mulai 18 April sampai dengan1 Mei 2023. Personel yang terlibat dalam pengamanan ini merupakan pasukan gabungan dari jajaran Polda Jabar, TNI, Intansi terkait serta potensi masyarakat.

"Total kekuatan yang akan kami terjunkan mencapai 27.537 personel untuk menjaga kegiatan mudik aman dan nyaman," kata Akhmad melalui siaran pers, Rabu (12/4/2023).

1. Minta pemda segera selesaikan perbaikan sarana dan prasarana jalan

27 Ribu Personel Gabungan Disiagakan untuk Kelancaran Mudik di JabarIDN Times/Istimewa

Dia menuturkan, seluruh pemangku kebijakan saat ini telah menginventarisir permasalahan yang dihadapi secara akurat, sehingga dapat dicarikan solusi alternatif melalui kajian yang terkoordinir dan terintegrasi secara baik dan terpadu.

Penyelesaian dan perbaikan sarana dan prasarana pendukung jalan harus segera dilaksanakan dengan efektif, efisien, dan tepat waktu agar dapat mendukung Operasi Ketupat Lodaya 2023.

"Adanya keterpaduan penggelaran personel, peralatan maupun cara bertindak antara Polri dengan Dinas/ instansi serta potensi masyarakat diharapkan dapat menyukaseskan Operasi Ketupat Lodaya 2023 ini," ujarnya.

Dia berharap permasalahan dapat ditangani dengan baik, mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaannya. Dengan demikian berbagai rintangan dan hambatan yang ada, akan dapat ditanggulangi secara bersama- sama dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

2. Minta personel awasi kendaraan yang parkir di bahu jalan dan timbulkan kemacetan

27 Ribu Personel Gabungan Disiagakan untuk Kelancaran Mudik di JabarIlustrasi Rambu Dilarang Menggunakan Bahu Jalan (dok. Google Maps)

Usai menggelar rapat di Mapolda Jabar, Kapolda bersama jajaran pun menyisir jalan tol dan berhenti di sejumlah rest area. Di rest area Km 57, Akhmad melakukan pengecekan posko serta fasilitas umum bagi masyarakat.

Dia menyampaikan bahwa pengamanan Ops Ketupat Lodaya ini diharapkan kesiapsiagaan petugas di lapangan maksimal dalam pengaturan lalu lintas.

Adapun beberapa obyek lokasi yang menjadi perhatian dalam pengamanan dan diamankan secara maksimal, dengan mendirikan pos - pos terpadu diwilayah Polda Jabar.

"Hal kemacetan dan kecelakaan dijalur mudik dan balik, untuk mengantisipasi ini tentunya kami terjunkan beberapa personil dititik titik rawan kemacetan. Tandas Kapolda Jabar.

Bagi personil yang melaksanakan pengamanan di Rest Area agar mengantisipasi kendaraan yang parkir di bahu jalan yang dapat menimbulkan kemacetan dan kecelakaan.

"Laksanakan rekayasa lalu lintas baik di Jalur Tol maupun di Jalur Arteri sehingga tidak adanya kemacetan di titik titik krusial,” tutupnya.

3. Rest area KM 81 akan jadi titik kemacetan saat arus mudik

27 Ribu Personel Gabungan Disiagakan untuk Kelancaran Mudik di JabarIlustrasi rest area. Dokumen Istimewa

Sementara itu, ketika mendatangi rest area Km 81, Akhmad meminta ada pelapisan jumlah personil Kepolisian yang akan ditempatkan di tempat ini.

Rest area Km 81 A Cipali diprediksi menjadi titik keramaian kendaraan, karena merupakan rest area pertama dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah. Maka, jajaran Polres Purwakarta bersiap mengantisipasinya, sehingga tidak terjadi penumpukan arus mudik di kantung-kantung istirahat seperti rest area.

Akhmad pun mengimbau pemudik agar membawa bekal berbuka puasa sendiri saat mudik Lebaran 2023. Pasalnya, rest area diprediksi akan membludak jelang magrib atau berbuka puasa.

"Kami mengimbau kepada para pemudik nantinya, agar lebih menyiapkan secara maksimal sebelum melakukan perjalanan mudik, juga tidak berlama lama di tempat istirahat rest area," ucapnya.

Baca Juga: Tarif Tol Jakarta-Pejagan 2023, Siap-siap Mudik! 

Baca Juga: Jasa Marga: Pemudik dari Bandung ke Jakarta Bisa Pakai Jalan Tol

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya