100 ASN Bappelitbang Pindah Ruang Kerja Dampak Kebakaran Gedung 

Dokumen aset yang penting berhasil diselamatkan

Bandung, IDN Times - Pascakebakaran yang melanda Gedung Bappelitbang di Balai Kota Bandung, sekitar 100 Aparatur Sipil Negara (ASN) harus mengungsi ke gedung lain untuk bekerja.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, untuk sementara sesuai kebijakan wali kota, mereka akan dipindahkan lebih dulu ke Rumah Dinas Ketua Dewan DPRD Bandung yang berada di sekitar Jalan Tamansari. Namun, untuk permanennnya Pemkot Bandung masih mencari alternatif tempat termasuk menyewa gedung.

"Di dekat Hotel Aryaduta juga ada disewakan. Kemudian milik PT POS juga ada nanti kami sedang pikirkan mana yang terbaik," ujarnya, Selasa (8/11/2022).

1. Pastikan layanan pada masyarakat berjalan normal

100 ASN Bappelitbang Pindah Ruang Kerja Dampak Kebakaran Gedung IDN Times/Humas Bandung

Saat ini, kondisi di Gedung Bappelitbang sudah rusak berat. Banyak dokumen yang ludes terbakar. Hari ini, Bappelitbang rencananya akan menggelar rapat dengan Ema mengenai rancangan APBD.

Pemkot Bandung pun segera berkonsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri untuk memastikan kinerja pelayanan pada masyarakat.

"Kami harus jaga motivasi kinerja mereka kan. Apalagi Bappelitbang target kinerja menjelang akhir tahun itu banyak yang harus terjaga," kata dia.

2. Bangunan yang terbakar bukan bangunan sejarah

100 ASN Bappelitbang Pindah Ruang Kerja Dampak Kebakaran Gedung IDN Times/Debbie Sutrisno

Terkait bangunan sejarah yang ada di Balai Kota, Ema memastikan gedung yang terbakar bukan bagian dari heritage. Sebab, ruangan ini dibangun baru di luar gedung yang lama.

"Jadi bukan ini. Hanya menyerupai saja bangunannya," kata dia.

3. Dokumen aset dan sewa milik Pemkot Bandung berhasil diselamatkan

100 ASN Bappelitbang Pindah Ruang Kerja Dampak Kebakaran Gedung IDN Times/Yogi Pasha

Sejumlah dokumen aset dan sewa tanah milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berhasil diselamatkan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) saat kebakaran terjadi di Balai Kota. Kepala Sub Bidang Pengamanan Barang Milik Daerah dan Pencatatan Barang Persediaan BKAD Kota Bandung, Herman Hari Rustaman memaparkan, saat ini pihaknya telah memindahkan dokumen-dokumen yang masih tertinggal di lemari. Sebab ada jadwal pemasangan police line dari Polrestabes untuk penyelidikan dan penyidikan.

"Karena Polrestabes mau pasang police line, jadi tadi kita diberi waktu untuk memindahkan berkas. Kita manfaatkan waktu semaksimal mungkin saja sampai tadi sebelum magrib," ujar Herman.

Police line pun sudah mulai terpasang selepas adzan magrib dikumandangkan atau sekitar 17.50 WIB. Dengan mobil dinas BKAD dan dibantu mobil Satpol PP, seluruh dokumen aset serta sewa tanah dipindahkan ke gedung bidang aset yang lama.

"Lokasinya di ujung utara-timur Balai Kota dekat Taman Sejarah. Sekarang yang penting itu kita amankan berkas-berkas sebagian ke gudang juga. Gudang kita ada di Sadang Serang dan Arcamanik," sebutnya.

Ia mengaku, tak ada dokumen yang terbakar, tapi beberapa memang terkena rembesan air yang mentes dari plafon.

"Dokumen-dokumen sewa aman, sebagian basah terkena rembesan air dari lantai 2 kantot Bappelitbang. File yang di meja dan rak itu kita selamatkan paling dulu," jelasnya.

Baca Juga: Kebakaran Kantor Bappelitbang, Ridwan Kamil: Jangan Hakimi Pelaku

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya