Wajah Baru Alun-alun Kota Cimahi Bikin Banyak Hantu Gentayangan 

Pusat Kota Cimahi jadi daya tarik masyarakat

Cimahi, IDN Times - Wajah baru Alun-alun Kota Cimahi kini di 'gentayangi' sejumlah hantu. Namun tentu saja hantu-hantu itu tidak sungguhan, melaninkan hanya seniman cosplay yang sedang menghibur para pengunjung Alun-alun Cimahi pada Minggu (29/10/2023).

Hantu-hantu seperti pocong, kuntilanak, hantu kepala tiga, hantu kepala buntung, valak hingga malampir diperankan para cosplayer yang tergabung ke dalam Wawan Robot Official. Mereka mengenakan pakaian beserta aksesoris dan merias wajah hingga terlihat begitu menyeramkan.

Cosplay hantu itu sudah tiga bulan 'gentayangan' di tengah keramaian. Tepatnya setelah wajah Alun-alun Cimahi itu diresmikan eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Agustus lalu. Sejak saat ini, lokasi tersebut memang lebih ramai dikunjungi warga.

Salah satu sosok dibalik cosplay hantu itu ialah Dadan Taufik (53). Warga asli Kota Cimahi itu memerankan sosok hantu berkepala tiga. Dia mengenakan kostum berwarna merah, yang disertai wig rambut panjang. Aksesoris berupa dua kepala manekin serta sentuhan tata rias membuat sosok itu terihat sungguhan seperti hantu berkepala tiga.

"Iya hari ini lagi cosplay jadi hantu kepala tiga. Ada juga temen-temen dari kominitas yang jadi kuntilanak, valak dan malampir," tutur Dadan.

1. Hantu-hantu sudah tiga bulan gentayangan di Alun-alun Cimahi

Wajah Baru Alun-alun Kota Cimahi Bikin Banyak Hantu Gentayangan (Bangkit Rizki/IDN Times)

Seperti diketahui Alun-alun Cimahi belum lama ini baru saja selesai direnovasi. Tampilannya diubah total dari sebelumnya sehingga kini lebih terlihat refresentatif dan memiliki daya tarik untuk dikunjungi. Alun-alun itu diresmikan Ridwan Kamil beberapa hari sebelum dia pensiun dari jabatannya sebagai Gubernur Jawa Barat.

Semakin ramainya Alun-alun Cimahi itupun dimanfaatkan para cosplayer sebagai tempat untuk menghibur pengunjung. Sehingga tidak usah pergi jauh ke Kota Bandung, yang selama ini memang kerap ditemukan hantu-hantu cosplay.

"Ini kreativitas dari anak Cimahi jadi Cimahi juga yang namanya cosplay. Kita baru tiga bulan kalau di Cimahi. Jadi kita tidak usah pergi jauh-jauh, jadi buat kebanggaan orang-orang Cimahi, untuk menghibur pengunjung biar gak jenuh," ujar Dadan.

2. Pengunjung bisa selfie dengan hantu

Wajah Baru Alun-alun Kota Cimahi Bikin Banyak Hantu Gentayangan (Bangkit Rizki/IDN Times)

Para pengunjung bukan hanya bisa sekedar melihat hantu di Alun-alun Cimahi, tapi bisa juga berfoto bersama. Untuk jasa foto itu, tentunya para hantu-hantu itu tidak mematok harga.

"Kita melayani jasa kalau mau foto monggo silahkan, mau ngasih silahkan gak juga gak apa-apa. Seikhlasnya gak ada unsur pemaksaann," ucap dia.

Selain 'mangkal' di Alun-alun Cimahi, para cosplayer asal Kota Cimahi itu juga bisa menerima panggilan dari mulai acara hajatan, ulang tahun dan sebagainya. Mereka tidak hanya menyediakan cosplay hantu, melainkan ada juga cosplay lainnya seperti berbagai jenis robot.

Sementara itu, Kenzi Shahih (13) salah seorang pengunjung mengaku awalnya sedikit takut dengan keberadaan hantu-hantu di Alun-alun Cimahi itu. Namun ia penasaran sehingga mendekatinya dan meminta berfoto bersama.

"Awalnya sedikit serem, tapi pas dideketi ternyata biasa aja karena kan ini mah cuma pakain sama dandan aja yang mirip hantu," kata dia.

3. DPKP Kota Cimahi minta pengguna Alun-alun Cimahi jaga kebersihan

Wajah Baru Alun-alun Kota Cimahi Bikin Banyak Hantu Gentayangan (Bangkit Rizki/IDN Times)

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi Endang mengingatkan masyarakat untuk sama-sama menjaga ketertiban dan kebersihan Alun-alun Kota Cimahi yang sudah direnovasi sebelumnya oleh Pemprov Jawa Barat.

"Kita membantu kebersihan dan menjaga agar jangan terjadi kerusakan. Untuk perbaikan atau penggantian apabila ada yang mengalami kerusakan masih dilakukan oleh provinsi," kata Endang.

Baca Juga: Kekeringan Kian Meluas, Warga Gelar Salat Istisqa di Alun-alun Cimahi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya