Viral Truk Bawa Rombongan Mahasiswa Terguling di Perkebunan Lembang

Truk terguling di jalanan menanjak di area dekat perkebunan

Cimahi, IDN Times - Rekaman video amatir yang memperlihatkan sebuah truk terguling viral di media sosial. Truk tersebut diketahui membawa rombongan mahasiswa yang hendak menuju Bumi Perkemahan Pasir Angling, Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Namun belum juga sampai di tempat tujuan, rombongan itu malah mengalami insiden yang tak diharapkan. Truk yang membawa mereka terguling di jalan menanjak dan sempit di Kampung Pasir Angling, Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang pada Sabtu (4/11/2023) pagi.

Berdasarkan rekaman video amatir yang viral di media sosial, terlihat rombongan mahasiswa yang sedang berkerumpun. Mereka tampak syok dengan kejadian yang baru dialamai sekitar pukul 07.30 WIB itu. Sedangkan truk yang mengangkut mereka terlihat terguling di tanjakan.

Kepala Desa Suntenjaya, Asep Wahono membenarkan adanya truk yang terguling di wilayahnya. Dia mengatakan, truk tersebut hendak mengantarkan rombongan mahasiswa ke Bumi Perkemahan Pasir Angling yang memang memiliki jalan yang menanjak.

"Kejadiannya sekitar jam 07.30 WIB tadi, informasinya mahasiswa mau ke bumi perkemahan di Pasir Angling," kata Asep.

1. Kronologi truk pembawa mahasisa terguling

Viral Truk Bawa Rombongan Mahasiswa Terguling di Perkebunan LembangKondisi Rombongan Mahasiswa Usai Truk yang Membawa Mereka Terguling di Pasir Angling, Lembang, KBB. (Istimewa)

Menurut Asep, mulanya truk tersebut berjalan dari arah Cibodas menuju Suntenjaya. Namun untuk sampai ke Pasir Angling, rombongan mahasiswa itu harus melalui tanjakan yang sempit dan cukup ekstrim.

Kemudian saat menaiki tanjakan, truk tersebut diduga tidak kuat menanjak dan berhenti di tengah-tengah tanjakan.

Truk kemudian mundur lagi lalu terguling. Asep mengatakan, sebelumnya warga sudah mengingatkan agar sebagian muatannya diturunkan terlebih dahulu, namun rombongan itu tetap percaya diri bisa melewati tanjakan tanpa hambatan.

"Muatannya terlalu berat, soalnya ngangkut barang sama orang. Sebelumnya sudah diingatkan juga, harus turun salah satu, mau barang atau orangnya. Ternyata tetap lanjut, soalnya mereka bilang sudah sering ke sini dan aman," ujar Asep.

2. Tidak ada korban jiwa akibat kecelakaan itu

Viral Truk Bawa Rombongan Mahasiswa Terguling di Perkebunan LembangIlustrasi kecelakaan truk. (IDN Times/Aditya Pratama)

Beruntungnya truk tersebut tidak mundur hingga ke jalan besar, dan titik tergulingnya masih berada di tanjakan. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, hanya beberapa mahasiswa mengalami luka ringan saja.

"Alhamdulillah gak ada korban. Ya ada, paling hanya luka-luka ringan sudah dibantu sama warga juga buat diobati," ucap Asep.

Truk tersebut kemudian dievakuasi oleh truk lain yang ada di belakangnya. Sekitar 30 menit, truk sudah berdiri kembali dan bisa melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan. Selanjutnya truk tersebut sudah kembali usai mengantar mahasiswa ke tujuan awal.

"Jadi rombongannya ada beberapa truk, dievakuasinya juga sama truk rombongan juga dibantu warga. Sekarang sudah balik kanan lagi truknya, tadi tetap antar mahasiswanya ke bumi perkemahan," tutur Asep.

Baca Juga: Polisi Selidiki Insiden Minibus Seruduk Pengendara di Lembang

Baca Juga: Ugal-ugalan, Sopir Minibus Seruduk Pengendara di Lembang

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya