Viral Remaja Dikeroyok di Cimahi Terekan CCTV Warga

Dua orang diduga pelaku diamankan 

Cimahi, IDN Times - Sebuah video yang memperlihatkan seorang remaja sedang dikeroyok sejumlah orang viral di media sosial (medsos). Aksi pengeroyokan dan penyerangan yang terekam kamera CCTV didiga berkaitan dengan geng motor.

Setelah ditelusuri, peristiwa penyerangan itu terjadi di Jalan Kebon Kopi, Kompleks LPK Pasundan, RT 06/28, Kelurahan Cibeureum, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat pada Kamis (28/12/2023) sekitar pukul 22.00 WIB.

"Betul kejadiannya di daerah sini semalam ada keributan kerekam sama CCTV juga," kata Hari Mulyana (37) salah seorang warga sekitar, Jumat (29/12/2023).

1. Kronologi aksi penyerangan

Viral Remaja Dikeroyok di Cimahi Terekan CCTV Warga(Dok/Istimewa)

Berdasarkan rekaman CCTV berdurasi 35 detik, terlihat seorang remaja berlari ke permukiman karena dikejar sekelompok remaja lainnya. Remaja tersebut kemudian dianiaya dan terlihat sempat diseruduk oleh motor.

Gerombolan itu kemudian kabur setelah warga setempat berhamburan keluar rumah setelah mendengar ada keributan di kawasan permukiman tersebut. Remaja yang dikeroyok itu kemudian diamankan warga untuk dimintai keterangan.

"Awalnya itu saya dengar ada ribut-ribut, terus keluar rumah. Di situ saya lihat ada pengeroyokan ABG lah ya. Kemudian lari ke TKP-nya. Jadi ada satu orang yang dikeroyoknya, terlihat lah di CCTV juga," ujar Hari.

Remaja yang sebelumnya dikeroyok itu dibawa ke rumah RW setempat untuk dimintai keterangan. "Nah di situ kan kita ingin tahu dia orang mana, kenapa. Orang itu jawab dia main ke sini, katanya lagi nunggu jemputan (temannya). Tiba-tiba katanya ada penyerangan, makanya dia lari. Itu pengakuannya," ucap Hari.

2. Warga amankan seorang yang diduga terlibat

Viral Remaja Dikeroyok di Cimahi Terekan CCTV Warga(Dok/Istimewa)

Kemudian tak lama berselang warga lainnya datang ke rumah RW membawa seorang pemuda yang diduga terlibat dengan aksi pengeroyokan tersebut. Remaja itu diamankan saat sedang bersembunyi di rumah salah satu warga.

"Waktu di rumah Pak RW itu, ternyata datang seorang lagi. Katanya anggota kelompok motor juga, yang diamankan sama warga lainnya. Jadi yang diamankannya 2 orang," ujar Hari.

Sebab kejadian itu cukup meresahkan, warga kemudian menggeledah pemuda yang diamankan. Dari tangan pria tersebut, warga mendapati benda seperti atribut salah satu geng motor, keling, hingga botol minuman keras yang sudah kosong.

"Nah di situ, sebetulnya warga sudag geram karena ada atribut ormas (geng motor), terus senjata, sama botol miras. Tapi untungnya masih bisa diredam, karena di situ kan ada Pak RW dan linmss juga," kata Hari.

Untuk memastikannya pria yang terakhir diamamkan itu, warga kemudian memeriksa ponselnya. Isinya membuat warga geram karena ada pesan di salah satu grup yang menyebutkan bahwa mereka memang hendak melakukan penyerangan ke geng motor di wilayah Kebon Kopi.

"Intinya dengan bahasa mereka itu bilang mau ada penyerangan. Nah di situ warga makin geram, karena menimbulkan keributan di wilayah. Di situ Pak RW telepon polisi, kemudian datang mengamankan dua orang itu," tutur dia.

3. Tidak ada main hakim sendiri dari warga

Viral Remaja Dikeroyok di Cimahi Terekan CCTV Warga(Dok/Istimewa)


Hari memastikan, selama keduanya diamankan sama sekali tak ada aksi penganiayaan yang dilakukan oleh warga di wilayah tersebut. Keduanya dipastikan bukan warga Cibeureum.

"Dipastikan tidak ada pemukulan dari warga. Kita juga nggak tahu mereka siapa, pengakuannya yang satu orang Citeureup, yang satu lagi orang di sekitar Alun-alun Cimahi. Kalau yang mengeroyok itu kurang tahu warga mana, yang jelas bukan warga wilayah kami," ucap Hari.

Sementara itu, Lurah Cibeureum, Fery Supriadi membenarkan soal adanya aksi penyerangan dan keributan geng motor di wilayahnya. Hanya saja dirinya belum mengetahui kejadian detailnya.

"Informasinya itu XTC menyerang Moonraker di daerah industri. Cuma nggak tahu gimana, karena kalah jumlah akhirnya kabur ke permukiman warga," ujar Fery.

Baca Juga: Geng Motor Kembali Teror Warga Kota Cimahi

Baca Juga: Bikin Resah Warga, Polisi Amankan Dua Geng Motor di Cimahi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya