Mendagri Copot Dikdik dari Jabatan Pj Wali Kota Cimahi

Pj Wali Kota Cimahi dicopot gara-gara inflasi

Cimahi, IDN Times - Nasib apes dialami Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan. Dia dicopot dari jabatannya oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian karena dianggap tak mampu mengendalikan laju inflasi.

Pencopotan Dikdik sebagai Pj Wali Kota Cimahi disampaikan langsung Tito Karnavian saat memimpin rapat Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tahun 2023 yang ditayangkan melalui kanal Youtube Kemendagri RI, Senin (9/10/2023).

"Saya sudah berkali-kali menyampaikan pada Kota Cimahi, inflasinya tinggi, berasnya naik tidak turun-turun," ujar Tito Karnavian.

1. Mendagri mengaku sudah mengingatkan Dikdik

Mendagri Copot Dikdik dari Jabatan Pj Wali Kota CimahiPj Wali Kota Cimahi Melakikan Sidak Harga di Pasar Atas Baru, Jumat (8/9/2023). (Bangkit Rizki/IDN Times)

Dalam rapat yang dilakukan secara daring dan tayang di Youtube itu, Tito Karnavian mengaku kerap mengingatkan Dikdik terkait inflasi di Kota Cimahi yang belum terkendali. Sehingga Kemendagri akhirnya memutuskan untuk menggantinya.

Tito mengatakan "pemecatan" Dikdik dari jabatannya sebagai Pj Wali Kota Cimahi sudah diteken. Bahkan, penggantinya juga sudah ditetapkan berdasarkan usulan yang masuk sebelumnya.

"Saya sudah berkali-kali ingatkan tidak juga terkendali padahal dikelilingi daerah penghasil cabai. Saya minta untuk diganti dan sudah diganti dan sudah saya tanda-tangani hari Sabtu yang lalu. Udah diganti dengan wali kota yang baru," kata Tito.

2. Dikdik sudah mengetahui informasi pencopotannya

Mendagri Copot Dikdik dari Jabatan Pj Wali Kota CimahiPedagang Beras di Pasar Atas Baru, Kota Cimahi, Selasa (5/9/2023). (Bangkit Rizki/IDN Times)

Saat dikonfirmasi, Dikdik Suratno Nugrahawan mengaku sudah menerima informasi tersebut. Dia mengatakan bahwa i menerima apapun keputusan yang diambil oleh pemerintah pusat.

"Dan apapun kebijakan yang diambil oleh pemerintah pusat melalui Kemendagri, pada dasarnya kami sangat support," ucap Dikdik.

Dalam kesempatan tersebut, Dikdik mengucapkan terima kasih kepada Kemendagri yang sudah mempercayakannya sebagai Pj Wali Kota Cimahi. Dia mengemban jabatan tersebut sejak Oktober 2022.

"Pada kesempatan ini pula saya sampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya pada bapak Mendagri yang telah mempercayakan jabatan wali kota pada saya," kata Dikdik.

Baca Juga: DPRD Usulkan Tiga Nama Jadi Pj Wali Kota Cimahi, Siapa Saja?

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya