Dilantik Minggu, Inilah Sosok Pj Wali Kota Cimahi Pengganti Dikdik

Dikdik kembali akan menjadi Sekda Kota Cimahi

Cimahi, IDN Times - Teka-teki pengganti Dikdik Suratno Nugrahawan sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi akhirnya terjawab. Pengganti Dikdik adalah Dicky Saromi yang ditunjuk Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI yang ditugaskan memimpin Kota Cimahi untuk setahun ke depan.

Dicky Saromi merupakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat. Kepastian itu disampaikan langsung Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin saat menghadiri acara di Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jumat (20/10/2023).

"Surat sudah diterima, Dicky Saromi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat," kata Bey.

1. Pelantikan Pj Wali Kota Cimahi dilakukan akhir pekan ini

Dilantik Minggu, Inilah Sosok Pj Wali Kota Cimahi Pengganti DikdikPj Gubernur Jabar Bey Machmudin (Bangkit Rizki/IDN Times)

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian memastikan tidak akan memperpanjang masa jabatan Dikdik Suratno Nugrahawan sebagai Pj Wali Kota Cimahi. Dia akan digantikan dengan sosok lain. Alasannya, Dikdik dinilai tidak mampu menjaga laju inflasi.

Dicky Saromi akhirnya ditunjuk menjadi penggantinya. Dia sebelumnya masuk ke dalam nama-nama yang diusulkan untuk menjadi Pj Wali Kota Cimahi oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi, selain Dikdik Suratno Nugrahawan dan Hery Antasari, Kepala Badan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDM) Provinsi Jawa Barat.

Bey memastikan Dicky Saromi akan dilantik sebagai Pj Wali Kota Cimahi pada Minggu (22/10/2023) sesuai berakhirnya masa penugasan Dikdik Suratno Nugrahawan. "Ya, nanti hari Minggu akan dilantik Pj Wali Kota Cimahi di Gedung Sate, siang atau sore," ucap Bey.

2. Dikdik akan kembali menjadi Sekretaris Daerah Kota Cimahi

Dilantik Minggu, Inilah Sosok Pj Wali Kota Cimahi Pengganti DikdikPj Wali Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan. (Bangkit Rizki/IDN Times)

Sebelumnya, Pj Wali Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan mengatakan dirinya akan kembali menjabat sebagai Sekretaris Daerah setelah jabatannya tidak diperpanjang Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Dikdik akan diganti dengan Pj yang akan ditentukan mendagri.

"Saya secara definitif jabatannya adalah Sekretaris Daerah Kota Cimahi, ketika tidak dilanjutkan dalam kapasitas sebagai Pj tentu saya kembali ke jabatan definitif menjadi Sekda," kata Dikdik.

Dikdik mengatakan, meski nantinya sudah tidak menjadi Pj Wali Kota Cimahi dirinya berkomitmen untuk bekerja optimal sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ditugaskan menjadi Sekda. Prioritas utamanya adalah memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat di berbagai bidang.

"Saya kira keputusan ini tidak menyurutkan kami untuk tetap berkinerja baik. Semua pelayanan berjalan sebagai mana biasanya, alhamdulillah itu menjadi budaya di Pemkot Cimahi," ujar Dikdik.

3. Dikdik legowo tidak diperpanjang menjadi Pj Wali Kota Cimahi

Dilantik Minggu, Inilah Sosok Pj Wali Kota Cimahi Pengganti Dikdik(Bangkit Rizki/IDN Times)

Dikdik menegaskan, dirinya legowo posisinya bakal digantikan dengan sosok yang lain. Dia tidak akan melakukan upaya pembelaan dan sebagainya dengan keputusan tersebut.
Sebab pada prinsipnya, kata dia, Pemkot Cimahi akan mengikuti keputusan dari pemerintah pusat. Termasuk penunjukan Pj yang memang menjadi kewenangan dari Kemendagri berdasarkan usulan yang masuk. Dirinya akan patuh sebagai abdi negara.

"Pembelaan dalam gugatan balik saya kira itu bukan kata yang pantas bagi saya selaku ASN karena pada dasarnya yang kami lakukan sebagai ASN dalam rangka pelaksnaaan tugas sebagai abdi masyarakat abdi negara," ujar dia.

Baca Juga: Diganti Mendagri, Pj Wali Kota Cimahi Kembali Menjabat Sekda

Baca Juga: DPRD Sayangkan Cara Kemendagri Ganti Pj Wali Kota Cimahi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya