Baru Sehari Menjabat, Nama Pj Wali Kota Cimahi Dicatut untuk Menipu

Pelaku meminta pejabat datang ke hotel

Cimahi, IDN Times - Baru sehari menjabat, nama Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi Dicky Saromi dicatut orang tak dikenal (OTK) untuk melakukan penipuan. Sasarannya adalah para pejabat di lingkungan Pemerintah Kot (Pemkot) Cimahi.

Untuk melakukan aksi penipuan itu, orang tak dikenal tersebut menggunakan nomor telepon 081295227779. Nomor tersebut kemudian mengirimkan pesan WhatApps mengatasnamakan Dicky Saromi agar para pejabat di lingkungan Pemkot Cimahi menghubunginya pada Sabtu (21/10/2023) malam.

"Assalamualaikum Selamat malam PAK KA BPKAD Hormat Kami PJ WALI KOTA CIMAHI berkenan telp balik," tulis salah satu pesan tersebut.

1. Pj Wali Kota Cimahi pastikan itu penipuan

Baru Sehari Menjabat, Nama Pj Wali Kota Cimahi Dicatut untuk Menipu(Bangkit Rizki/IDN Times)

Saat dikonfirmasi, Pj Wali Kota Cimahi Dicky Saromi mengaku sudah mengetahui adanya aksi dugaan penipuan yang mengatasnamakan dirinya. Dia memastikan nomor yang mengirim pesan kepada para pejabat di lingkungan Pemkot Cimahi itu bukan miliknya.

"(Aksi penipuan) iya, itu bukan nomor HP saya, itu yang jelas," kata Dicky di Pemkot Cimahi, Senin (23/10/2023).

Dicky mengaku, kecewa dengan aksi dugaan penipuan yang mencatut namanya itu. Apalagi saat pesan tersebut dikirimkan oknum tak bertanggungjawab itu, dirinya belum dilantik sebagai Pj Wali Kota Cimahi sehingga tidak memiliki kewenangan untuk memerintahkan hal apapun kepada para pejabat di lingkungan Pemkot Cimahi.

"Saya juga kecewa dengan hal-hal yang seperti itu. Ada aja orang yang memanfaatkan momen-momen seperti ini secara tidak bertanggung jawab. Yang jelas saya sendiri bisa memerintahkan, bisa berkomunikasi setelah saya dilantik, kalau belum dilantik saya gak punya hak," kata Dicky.

Dengan adanya aksi penipuan yang mengatasnamakan dirinya itu, Dicky meminta semua Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat untuk tetap waspada. "Ya, sudahlah biar jadi catatan aja supaya lebih hati-hati. Kita sudah kita peringatkan bahwa tidak ada (pesan dari Pj Wali Kota Cimahi)," ucap dia.

2. Pelaku meminta pejabat datang ke salah satu hotel di Bandung

Baru Sehari Menjabat, Nama Pj Wali Kota Cimahi Dicatut untuk Menipuberita online

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi, Endang mengaku, menerima pesan dari nomor yang mengatasnamakan Pj Wali Kota Cimahi yang baru itu. Namun Endang tak menuruti permintaannya karena sudah curiga pesan itu hanya modus untuk melakukan penipuan.

"Saya dapat WA disuruh nelpon balik, tapi gak saya lakukan karena lihat foto profilnya juga sudah mencurigakan," ujar Endang.

Dari yang Endang ketahui, pelaku penipuan yang mengatasnamakan Pj Wali Kota Cimahi itu meminta para pejabat di lingkungan Pemkot Cimahi agar datang ke salah satu hotel di Kota Bandung hingga meminta agar ditransfer sejumlah uang.

"Katanya disuruh ke hotel, terus diminta transfer uang. Udah jelas itu mah modus penipuan," tutur Endang.

Baca Juga: Didampingi Dikdik, Pj Wali Kota Cimahi Pimpin Apel Hari Pertama

Baca Juga: Resmi Jadi Pj Walkot Cimahi, Dicky Saromi Diminta Fokus Urus Inflasi 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya