Angka Pengangguran di Kota Cimahi Tertinggi di Jawa Barat

Padahal angka pengangguran Cimahi mengalami penurunan

Cimahi, IDN Times - Kota Cimahi menjadi daerah dengan angka pengangguran tertinggi di Jawa Barat berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2023. Angkanya mencapai 10,52 persen atau sebanyak 33.192 orang.

"Iya seperti itu (tingkat pengangguran terbuka tertinggi di Jawa Barat). Angkanya itu 10,52 persen tahun 2023," kata Kepala BPS Kota Cimahi, Sitti Sarah saat dihubungi, Selasa (2/1/2024).

1. Urutan tingkat pengangguran terbuka di Cimahi geser Kota Bogor

Angka Pengangguran di Kota Cimahi Tertinggi di Jawa BaratDok. Istimewa/IDN Times

Dengan persentase tersebut, maka
Kota Cimahi berada di urutan pertama tingkat pengangguran terbuka tertinggi dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat, menggeser Kota Bogor yang kini menduduki peringkat ketiga dengan persentasi 9,39 persen. Sedangkan peringkat kedua diduduki Kabupaten Kuningan dengan persentasi 9,94 persen.

Meski menduduki urutan tertinggi di Jawa Barat, namun angka pengangguran terbuka di Kota Cimahi justru mengalami penurunan dibandingkan tahun 2022 yang mencapai 10,77 persen dan tahun 2021 yang mencapai 13,07 persen.

"Ada penurunan memang angkanya cuma karena pembagi, persentasinya jumlah pengangguran terhadap jumlah angkatan kerja jadi persentasenya paling tinggi," ujar Sitii Sarah.

2. Penyebab Cimahi berada di urutan pertama

Angka Pengangguran di Kota Cimahi Tertinggi di Jawa BaratDok. Istimewa/IDN Times

Berdasarkan analisis BPS, ungkap dia, ada beberapa faktor yang membuat angka pengangguran di Kota Cimahi jadi yang tertinggi di Jawa Barat. Selain tentunya faktor pembagi yang membuat persentasinya menjadi tinggi.

Menurut Sitti Sarah, efek COVID-19 yang melanda sejak tahun 2020 masih terasa di mana banyak perusahaan di Kota Cimahi yang didominasi pabrik garmen dan tekstil yang mengalami kesulitan. Di antaranya produksinya belum stabil sehingga berdampak terhadap Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan sebagainya.

"Kalau kita lihat mungkin ini dampak bukan hanya tahun 2023 saja tapi dampak sebelumnya, terjadi pengurangai pegawai. Memang ada beberapa pabrik yang produksinya belum stabil sehingga belum menunjukan mereka akan tetap mempertahankan (pegawai), yang ada malah ada yang melakukan penurunan (pegawai)," tutur dia.

3. Disnaker Kota Cimahi sudah mengetetahui datanya

Angka Pengangguran di Kota Cimahi Tertinggi di Jawa BaratTwitter

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Cimahi Asep Jayadi tak memungkiri tingkat pengangguran terbuka di Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di Jawa Barat tahun 2023. Pemerintah sudah menerima data tersebut dari BPS.

Meski begitu, kata dia, angka penganggurannya terus mengalami penurunan dibandingkan dua tahun sebelumnya.

"Betul kalau dari rilis BPS angka tingkat pengangguran terbuka di Cimahi ini jadi yang tertinggi di Jawa Barat, tapi ada penurunan kalau secara angka. Jadi yang tertinggi karena angkatan kerja pembaginya kecil," kata Asep.

Baca Juga: Pj Wali Kota Cimahi Ingatkan Perusahaan Bayar UMK Sesuai Keputusan

Baca Juga: UMK di Kota Cimahi Dipastikan Naik, Ini Perhitungannya

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya